by

BLT Pekerja Rp600.000 Cair. Baiknya untuk Apa?

Para pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta dan akan dicairkan setiap dua bulan sekali Rp1,2 juta.

Bantuan subsidi gaji ini bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan. Termasuk juga bisa memanfaatkan untuk membuka usaha guna menambah penghasilan.

Bantuan ini baiknya digunakan untuk apa?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, ketika digunakan untuk membuka usaha, hendaknya tidak boleh asal. Karena menurutnya, ketika hendak membuka usaha ada baiknya tidak fokus pada biaya atau modal saja.

Baca juga :  Sebar Optimisme ke Warga demi Menekan Penyebaran Corona

Yang perlu diperhatikan tapi juga harus melihat kebutuhan pasar. Sehingga uang yang digelontorkan untuk membuka usaha ini tidak sia-sia.

“Kalau bikin usaha itu kita fokusnya tidak hanya ke biaya saja tidak. Tapi pada dasarnya kalau kita bikin usaha kita perlu tahu lebih dahulu ada kebutuhan enggak. Kebutuhan masyarakat terhadap produk atau jasa yang akan kita tawarkan terhadap bisnis kita ini. Kan gitu dulu,” ujarnya, Kamis (27/8/2020).

Baca juga :  Batam Terapkan Musrenbang Sistem Daring

Oleh karena itu lanjut Mike, sebelum membuka usaha harus dimatangkan terlebih dahulu konsepnya seperti apa. Namun memikirkan konsepnya tidak perlu terlalu lama karena situasinya yang sudah mendesak.

“Mau buka usaha terus mau meneliti kebutuhan pasar terlebih dahulu. Ya uang kita bisa habis begitu saja buat apa. Misalnya cuma buat beli barang dagangannya saja akhirnya enggak laku ya makan sendiri,” kata Mike.*

Baca juga :  Parkir di Bawah 15 Menit, Gratis

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed