by

BNI Serahkan Dana Bantuan PIP Madrasah 2018

Pekanbaru (netrakepri.com) – PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk menyalurkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Madrasah melalui produk tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Bersamaan dengan kegiatan peresmian Penegerian Madrasah oleh Kementerian Agama se-Indonesia yang dipusatkan di MAN 3 Pekanbaru, BNI melakukan penyaluran Bantuan PIP Madrasah yang ditandai dengan penyerahan Kartu Indonesia Pintar secara simbolis kepada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru, Senin (29/10/2018).

Hadir dalam acara itu, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dan Head of Network & Services BNI Wilayah Padang Area Sumbar, Riau, Kepri, dan Kerinci, Iwan Affandi, serta jajaran Pimpinan BNI Cabang Pekanbaru.

“BNI kembali menunjukkan komitmen untuk peduli dan menyukseskan pelaksanaan dan penyaluran bantuan program pemerintah. Saat ini, jumlah pemegang rekening BNI Simpanan Pelajar sampai 21 Oktober 2018 sudah lebih dari 565.265 rekening atau tumbuh lebih dari 80 persen dibanding posisi 31 Desember 2017. Sejumlah rekening ini dibuka dengan jalinan kerjasama dengan kurang lebih 1.400 sekolah dari Madrasah Tsanawiyah (MTS) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia dengan dukungan penuh dari dinas Kementrian Agama yang ada di setiap ibukota provinsi. Khusus untuk Wilayah Padang jumlah rekening BNI Simpel mencapai 10.685 rekening,” ujar Iwan Affandi.

Dijelaskannya, untuk PIP Madrasah 2018, jumlah dana yang akan disalurkan melalui BNI sebesar lebih Rp 288 miliar yang disalurkan pada lebih 700 ribu siswa melalui sekitar 700 ribu rekening Simpanan Pelajar yang dibukakan di Kantor Cabang BNI di seluruh Indonesia. Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS) Provinsi Riau, dana yang disalurkan berjumlah Rp3,8 M untuk 10.309 siswa yang tersebar meliputi 10 kabupaten dan 2 kota.

Untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA) Provinsi Riau dana yang disalurkan berjumlah Rp 1,8 M untuk 3.793 siswa yang tersebar meliputi 10 kabupaten dan 2 kota. Sementara khusus di Kota Pekanbaru, dana yang disalurkan berjumlah Rp35 juta untuk 70 siswa.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada 2 orang penerima dana bantuan PIP sekaligus KIP-nya yang penyerahannya langsung dilakukan oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dan HNS BNI Wilayah Padang, Iwan Affandi.

“Diharapkan dengan sistem penyaluran bantuan seperti ini dapat memberikan edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Budaya ini didorong dengan fitur produk yang digunakan yakni BNI Simpel/Simpel IB (Simpanan Pelajar) yang sangat memudahkan siswa dalam menabung seperti setoran selanjutnya yang sangat ringan serta tidak dikenakan biaya administrasi rekening,” pungkasnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed