by

BP Batam Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Bersih Telinga

Batam (netrakepri.com) – Menyambut Hari Bakti Badan Pengusahaan (BP) Batam yang ke-47 tahun, BP Batam menggelar bakti kesehatan.

“Untuk Bakti Kesehatan ada dua kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Bersih-Bersih Telinga pada 5 Oktober 2018 dan Operasi Bibir Sumbing pada 12-13 Oktober 2018,” jelas dr. Sigit Riyanto, Ketua Tim Bakti Sosial sekaligus Direktur Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RSBP).

Sigit mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Batam, mulai dari anak-anak hingga lansia. Kegiatan ini juga termasuk dalam kegiatan nasional karena merupakan kegiatan untuk mencegah ketulian, dimana salah satu penyebab yang memicunya adalah karena infeksi telinga. Infeksi ini, menurut Sigit, caranya sangat mudah untuk dicegah, yaitu dengan dibersihkan oleh dokter spesialis THT. Begitu pula dengan kegiatan Operasi Bibir Sumbing. Bibir sumbing dinilai mampu menurunkan kepercayaan diri anak, sehingga dapat mempengaruhi kondisi psikis anak hingga dewasa nanti. Sehingga atas dasar itulah RSBP mengadakan kegiatan operasi ini.

“RSBP akan bekerja sama dengan tenaga medis dari Alumni Fakultas Kedokteran UGM ’84, PERHATI Batam dan PGPKT Batam untuk pelaksanaan kegiatan Bersih-Bersih Telinga. Sedangkan untuk Operasi Bibir Sumbing kami bekerjasama dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung,” ujarnya.

Selain Operasi Bibir Sumbing, pada hari yang sama akan digelar kegiatan Donor Darah pada 12 Oktober 2018 dan 26 Oktober 2018, diikuti kegiatan lainnya seperti sunatan massal, penyerahan bantuan sosial dan penanaman pohon.

Sigit berharap masyarakat Batam selama Oktober ini segera mendaftarkan diri apabila membutuhkan bantuan kesehatan atau berkeinginan untuk membersihkan telinga, melakukan operasi bibir sumbing, donor darah atau sunat massal.

“Silahkan mendaftar di RSBP yang berlokasi di Sekupang. Pendaftaran dibuka Senin-Sabtu mulai pukul 07.30-14.30. Kegiatan ini gratis, sama sekali tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum,” tutup Sigit. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed