by

Daging Kurban Jangan Dibungkus Kantong Plastik. Kenapa?

Jelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) mengeluarkan surat edaran tentang pengelolaan sampah kegiatan kurban.

“Surat Edaran Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 tersebut menitikberatkan pada pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik,” ujar Kabid Panaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Tri Mulyono, Senin (27/7/2020).

Baca juga :  Edy Putra Irawady Gantikan Lukita Dinarsyah Tuwo

Menurut dia, dalam edaran tersebut disebutkan untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk membungkus daging kurban, terlebih jika plastik itu berwarna hitam karena bersifat karsinogenik.

“Penegasan agar kantong plastik tak digunakan dalam pelaksanaan kurban Idul Adha tentu dengan alasan yang cukup prinsip. Selain karena alasan kesehatan, tentu karena untuk kepentingan lingkungan,” terangnya.

Baca juga :  Graduation Package Menarik di Hotel Horison Pematangsiantar

Tri menjelaskan, kantong plastik sangat tidak ramah lingkungan, selain sulit membusuk, plastik juga bisa berserakan dimana-mana bahkan bisa terpapar hingga ke laut dan bisa merusak ekosistem di laut.

Adapun alternatif penggunaan wadah daging kurban yang dianjurkan sebagai pengganti kantong plastik di antaranya wadah yang terbuat dari anyaman bambu, daun pisang, daun jati, kotak kardus ataupun wadah berbahan organik lainnya.

Baca juga :  7000-an Pesepeda Ramaikan Batam Bersepeda 2020

“Diharapkan juga panitia menyediakan tempat sampah terpilah, dilakukan pengelolaan limbah darah dan kotoran hewan kurban secara baik dan benar. Juga, dilakukannya aktifitas yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed