Baca juga :  Mau Makan Siang? Planet Holiday Hotel & Residence Hadirkan Buffet Lunch Hebooh

Ketua Panitia Pelaksana FGD, Haryanto mengatakan, pihaknya berharap kedepan pembelajaran di Batam efektif, efisien, tepat guna, dan tepat sasaran.

“Poin pokok dalam diskusi dalam FGD ini akan kita rekomendasikan kepada instansi dan lembaga terkait,” ungkapnya.

Prof Mukhtar Latif dalam kesempatan itu mengatakan, ada beberapa hal yang penting disikapi terkait pendidikan di era pandemi saat ini.

Diantaranya adalah, setelah sekolah lama tutup akibat pandemi, sekarang sudah mulai kembali dilakukan pembelajaran tatap muka, namun waktu pembelajaran tatap muka saat ini waktunya belum normal seperti biasa. Biasanya 6 jam sekarang hanya 2 jam saja.

Baca juga :  Satgas Penanganan Covid-19 Batam Lakukan Rapid Test Antigen Massal di Rusun BP Batam Bida Ampar

“Yang paling strategis adalah bagaimana kepala sekolah atau pengawas menagih guru untuk menyiapkan bahan pembelajaran untuk menutupi kekurangan waktu dan kurikulum yang diwajibkan pada guru tersebut,” ucapnya.

“Belajar secara digital tidak mesti dengan harus jaringan, namun bisa dilakukan dengan cara bahan-bahan pembelajaran itu di share kepada siswa. Jadi, selain pembelajaran tatap muka yang dibatasi, anak-anak bisa mencapai targetnya dengan materi yang sudah dikembangkan oleh guru,” ujar Prof Mukhtar dilansir haluankepri.com.

Disebutkannya, sekarang ini guru dituntut untuk kreatif dan inovatif untuk mengemas bahan ajar untuk sejumlah tatap muka.

Baca juga :  Tottenham Bungkam Dortmund 3-0

Kemudian lanjutnya, hari ini, orang tua juga harus jadi guru di rumah. Salah satu yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk anak-anaknya di rumah adalah kurikulum yang tersembunyi yang langsung jadi model link bagi orang tua.

“Pendidikan kita harus survive dan harus jalan apapun alasannya. Jika pendidikan berhenti, maka terhentilah generasi kita kedepannya. Generasi yang putus ditengah jalan juga beban bagi bangsa kita kedepan,” imbuhnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed