by

Di Tanjungpinang, Ada Festival Sambut Gerhana Matahari Cincin

Tanjungpinang (netrakepri.com) – Fenomena alam yakni gerhana matahari cincin yang dapat dilihat dari sejumlah wilayah di Kepri termasuk di Tanjungpinang, digelar festival di Gedung Gonggong.

Kepala Dispar Kepri Buralimar, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah kebutuhan untuk menyambut fenomena alam yang langka. Berbagai kegiatan sudah disiapkan untuk memeriahkan rangkaian festival.

“Kami sudah siap menyambut hadirnya fenomena alam, gerhana matahari cincin, 26 Desember 2019. Tanjungpinang bahkan menyiapkan Festival Gerhana Matahari Cincin, 23-26 Desember 2019,” katanya, Senin (23/12/2019).

Baca juga :  Ada Promo Oktober di BWP Panbil Batam

Ia mengatakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam festival tersebut yakni seminar. Dalam seminar itu akan dijelaskan bagaimana gerhana matahari cincin dapat terjadi.

Festival juga akan diisi dengan pameran dan bazar, juga agenda “live music”. Rangkaian kegiatan ini akan dilangsungkan di Pelataran Gedung Gonggong.

“Puncak acara akan digelar 26 Desember, dengan kegiatan yang sangat beragam. Seperti pembacaan ayat suci Al Quran, tari persembahan, “live music dan live mural”, lomba mewarnai, juga tentunya Salat Gerhana. Semua kegiatan yang bermanfaat,” papar Buralimar.

Baca juga :  Laga Pengobat Luka

Sementara Asisten Deputi Pemasaran I Regional I Kemenparekraf, Dessy Ruhati, menyatakan jika wisatawan dijamin puas menyaksikan Gerhana Matahari Cincin.

“Tanjungpinang sangat luar biasa menyambut hadirnya fenomena ini. Berbagai teleskop pun akan dipasang. Beberapa diantaranya bisa dimanfaatkan wisatawan untuk melihat fenomena tersebut,” ucapnya.

Di Taman Gedung Gonggong, Pemerintah Daerah Tanjungpinang akan memasang teleskop “streaming” dan fotografi, teleskop vixen 20 cm untuk publik, teleskop WO 6,6 cm untuk publik, poster, juga kacamata matahari.

Baca juga :  Ada Promo Kamar di Best Western Premier Panbil Batam

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani, tidak ragu mengajak wisatawan untuk menikmati momen langka ini di Tanjungpinang.

“Indonesia sangat beruntung sebab beberapa daerah bisa melihat fenomena ini. Tapi, salah satu spot terbaik untuk menikmatinya ada di Tanjungpinang. Karena pemerintah daerah di sana sudah siap dengan segala fasilitasnya. Kita berharap cuaca juga mendukung. Sehingga kita bisa menikmatinya dengan maksimal,” papar Rizki. *

(sumber: antarakepri.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed