by

“Di Tengah Pandemi, Harus Ada Ide Bagus untuk Daya Tahan Ekonomi”

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berpesan bahwa meski dunia tengah dihantam pandemi Covid-19, setiap orang perlu memiliki peran penting dalam mendukung daya tahan ekonomi Indonesia.

“Saya berpesan bahwa setiap orang memiliki peran penting untuk mendukung daya tahan ekonomi Indonesia, terutama saat diberi ujian. Pemerintah tidak akan berhenti berupaya, walaupun masih ada hambatan-hambatan. Tetapi dengan dukungan setiap lapisan masyarakat, Indonesia akan dapat memiliki daya tahan,” tuturnya seperti dilansir dari laman Instagram Smindrawati, Jakarta, Jumat (21/8/2020).

Dirinya mengatakan di tengah tantangan global yang terjadi saat ini, bahwa harus memiliki imajinasi seperti merencanakan ide pembangunan kembali dalam ekonomi, dan bagaimana imajinasi tersebut dapat terealisasi.

Baca juga :  Garuda Group Turunkan Harga Tiket Pesawat 20%

“Kita harus punya imajinasi, merencanakan ide-ide bagus membangun kembali ekonomi, mendesain kebijakan-kebijakan yang implementif sembari melalui berbagai macam tantangan global dan domestik, baru kemudian imajinasi tersebut bisa diwujudkan.” katanya.

Selain itu, dirinya menambahkan negara harus mempersiapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam negara. Serta anak-anak yang lahir dengan kondisi sosial berbeda harus mendapatkan kesempatan yang sama perihal pendidikan, kesehatan, dan jaring pengaman sosial.

“Negara harus berinvestasi pada SDM-nya. Bonus demografi baru dikatakan “bonus” apabila kualitas SDM-nya telah berhasil dipersiapkan. Anak-anak Indonesia yang lahir dengan kondisi sosial yang berbeda namun harus diberikan kesempatan yang sama dalam hal pendidikan, kesehatan, dan jaring pengaman sosial.” ucapnya.

Baca juga :  Swiss-belhotel Harbour Bay Gelar Long Stay Party

Seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah harus bisa menikmati pelayanan publik dan menikmati infrastruktur yang mana sama baiknya dengan lainnya. Selain itu, praktik demokrasi juga harus bagus dan kuat yang didukung oleh kerangka hukum dan institusi pemerintah dan swasta yang bagus dan kuat.

“Itu sebabnya, meskipun dunia termasuk Indonesia sedang dihantam keras oleh pandemi Covid-19, kita gunakan momentum ini untuk (1) mengatasi tantangan jangka pendek sekaligus secara konsisten (2) melakukan perubahan/reformasi fundamental di seluruh sektor agar imajinasi dan harapan kita mengenai Indonesia maju tidak memudar. RAPBN 2021 telah dipersiapkan untuk menjalankan dua hal ini.” pungkasnya.

Baca juga :  Yamaha Free Go, Pelopor Tangki BBM di Depan

Sementara dengan jangka pendek, seperti peran penting yang harus dimiliki setiap orang dalam keterangannya, meliputi mulai dari pemerintah yang mengeksekusi penyerapan anggaran dan mendesain ulang kebijakan berbagai stimulus untuk merespons kendala di lapangan, hingga disiplin protokol kesehatan oleh seluruh masyarakat.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat mengonsumsi produk UMKM Indonesia.

“Jangan lupa untuk mengonsumsi produk UMKM Indonesia ya agar ekonomi cepat bangkit. Ayo kita wujudkan imajinasi kita mengenai Indonesia Maju bersama-sama!” ucapnya.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed