by

Dispar Kepri Gelar Rakor Bersama Pelaku Pariwisata

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri melakukan rapat koordinasi (rakor) bersama Dinas Pariwisata yang kabupaten dan kota se-Kepri dan asosiasi pariwisata, Kamis (4/1/2021) sebelum launching Calender Of Event (COE) Pariwisata Provinsi Kepri tahun 2021,

Rakor pariwisata itu dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintahan Provinsi Kepri, Syamsul Bahrum dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar di Aston Hotel Batam.

“Rakor ini dilakukan setiap tahun. Tahun ini kita lakukan pas sebelum lunching Calender Of Event. Lunching Calender Of Event kita lakukan besok (5/2/2021) di Mega Mall pada acara Pariwisata Kepri Bangkit,” ucap Buralimar.

Baca juga :  Paralayang Persembahkan Emas Keenam Indonesia

Dikatakan Buralimar, semua usulan para pelaku pariwisata dalam rakor itu akan dibawa pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Kepri nantinya.

“Kita sudah komit, bahwa program Kabupaten atau Kota akan disinkronkan dengan Provinsi dan bahkan dengan Pemerintah Pusat,” ujar Buralimar dilansir media online di Batam.

Buralimar menyampaikan, pandemi telah membuat banyak iven tidak bisa dilaksanakan, sehingga semangat turun dan kesannya program yang sudah dibuat vakum, padahal sebenarnya tetap jalan.

Baca juga :  BP Batam Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW bersama Ust. Derry Sulaiman

Pada saat ini pihaknya juga akan membuktikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, bahwa para pelaku pariwisata di Provinsi Kepri siap membangkitkan pariwisata Kepri.

Lanjutnya, kebutuhan dari pariwisata itu tidak hanya bisa pemerintah dan juga tidak bisa maunya pemerintah semata, tapi juga harus maunya swasta.

“Pariwisata itu tidak bisa hanya maunya kita, tapi maunya orang. Orang itu adalah wisman dan itu melalui asosiasi, karena mereka lebih paham. Makanya rakor ini lebih banyak diskusi,” bebernya.

Baca juga :  RS Bhayangkara Buka Layanan Drive Thru Screening Rapid Test

Sementara itu, Kabid pengembangan pemasaran pariwisata, Dedy Ekasaputra mengatakan, dari forum koordinasi yang dilakukan, salah satu masukannya adalah agar meningkatkan kolaborasi antara destinasi yang ada di Kepri.

“Antara destinasi harus meningkatkan kolaborasi se Provinsi Kepri, karena memang untuk pintu masuk wisman itu di Batam, Bintan dan Tanjung Pinang. Selama ini kolaborasi itu sudah dilakukan namun belum komprehensif,” imbuhnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed