by

E-Commerce Solusi Tingkatkan Perdagangan di Era Covid-19

Perdagangan secara online atau menggunakan platform e-commerce merupakan solusi untuk meningkatkan perdagangan di tengah pandemi covid-19. Demikian disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto. Dia mengatakan, hal ini menjadi penting sebab perdagangan yang merupakan salah satu kunci pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kemendag menyadari e-commerce adalah salah satu solusi mengatasi dampak ekonomi dari pandemi covid-19. Kami mendukung kegiatan e-commerce sebagai solusi agar pedagang bisa meningkatkan pendapatan dan penjualan tanpa harus bergerak secara fisik,” kata Agus dalam webinar “Peran E-Commerce Jaga Roda Ekonomi di Tengah Pandemi”, Selasa (1/9/2020).

Baca juga :  Setiap ke Batam, Seorang Wisman Belanjakan Rp7,6 Juta

Agus menambahkan, dalam hal ini pemerintah akan memberikan dukungan terhadap pengembangan e-commerce. Sehingga, perdagangan dapat terus bergerak, terutama produk UMKM melalui penggunaan e-commerce.

“Kami berharap e-commerce dapat memberikan ruang bagi produk dalam negeri, serta juga meningkatkan daya saing pelaku UMKM” jelasnya.

Sekedar informasi, berdasarkan data kemendag, kinerja perdagangan tercatat menurun di tengah pandemi. Ekspor migas dan non migas mengalami penurunan sebesar 6,21%, diikuti dengan impor migas dan non migas yang juga turun sebanyak 17,77% jika dibandingkan tahun lalu.

Baca juga :  Pelaku Pariwisata Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Namun, ada juga sektor yang menunjukkan tren positif. Dalam hal ini, Kemendag berharap UMKM Indonesia dapat memanfaatkan platform e-commerce guna meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed