by

Eco Enzyme, Air Permentasi yang Mampu Membasmi Bakteri dan Virus

Batam (netrakepri.com) – Eco Enzyme merupakan cairan coklat yang dihasilkan dari fermentasi campuran antara gula hitam dan air serta sampah dapur seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dengan aroma tajam yang menyerupai aroma jeruk.

Rugianto L, Kepala LKP Maitreyawira Batam, saat berbincang dengan netrakepri.com, Rabu (4/3/2020) mengungkapkan, Eco Enzyme sangat mudah dibuat dan memiliki banyak kegunaan, diantaranya untuk di rumah tangga, pertanian, atau akuakultur.

“Tiga campuran air, gula hitam, dan sampah dapur dengan komposisi 1:3:10 dipermentasi selama 3 bulan, kemudian airnya disaring untuk digunakan dan ampasnya bisa digunakan jadi pupuk tanaman. Air permentasi itu dapat digunakan untuk mencuci piring, pel rumah, cuci baju, dan lainnya,” jelas Rugianto.

Baca juga :  Krakatau Ballroom Hotel Horison Termegah di Siantar

Air permentasi ini, lanjutnya, bisa menetralisir kuman-kuman, bakteri, dan racun-racun yang ada di sekitar kita.

“Satu tutup botol air permentasi ini bisa dicampur dengan air dengan volume yang besar, dapat digunakan untuk membunuh racun-racun di sekitar kita,” paparnya lagi.

Rugianto, mengambil contoh di Sekolah Maitreyawira Batam. Di tengah merebaknya virus corona saat ini, pihaknya menggunakan air Eco Enzyme di setiap lokal dan lingkungan sekolah secara umum.

“Tiap kelas kita sediakan wadah yang berisi campuran air Eco Enzyme dengan volume air yang cukup banyak. Campuran ini yang kami semprotkan sesering mungkin di kelas dan lingkungan sekolah untuk membasmi kuman, bakteri, dan virus jahat,” terangnya lagi.

Baca juga :  Akankah Hujan Gol?

Rugianto mengungkapkan, Eco Enzyme ini merupakan hasil temuan Dr. Rosukon asal Thailand.

“Dia meneliti enzyme selama lebih dari 30 tahun dan berhasil menemukan Eco Enzyme atau juga dikenal sebagai enzyme sampah. Tidak hanya proses produksinya yang sederhana, tetapi bahan-bahannya juga mudah didapatkan, dapat menghemat biaya. Memiliki banyak fungsi seperti membantu mengurangi jumlah sampah dan sangat ramah lingkungan,” ucapnya melanjutkan.

Air Eco Enzyme ini, ujar Rugianto, sudah ada sejak lama.

Baca juga :  Christmas Celebration 2019 BP Batam Meriah

“Kami sudah lama memakainya di sekolah ini. Jika dulu kami menggunakannya dalam waktu berkala, kini di tengah isu virus corona, kami menggunakannya sesering mungkin. Kami ingin menangkal kuman, bakteri, dan virus dengan air Eco Enzyme ini,” tambahnya.

Rugianto berharap, air Eco Enzyme ini dapat dijadikan sebagai salah satu “obat” untuk membasmi kuman dan virus yang menimbulkan penyakit.

“Air Eco Enzyme sudah terbukti keampuhannya dan ramah lingkungan. Di tengah situasi seperti sekarang, air Eco Enzyme dapat menjadi salah satu obat untuk membasmi virus-virus jahat di lingkungan kita,” tutupnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed