by

Ingin Bisnis Kecil Jadi Sukses?

Setiap bisnis yang dijalankan tentu ingin menjadi besar. Namun, untuk mencapai hal itu perlu kerja keras. Dibutuhkan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Perkembangan bisnis jelas memberi peluang perusahaan bertahan dan berkontribusi pada kesejahteraan ekonomi dan masa depan keuangan yang stabil bagi pemiliknya.

Dilansir dari The Balance Small Business Jakarta, Senin (21/12/2020) ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengubah bisnis kecil menjadi besar dan sukses.

Pertama, Rebut Kembali Pelanggan yang Ada

Penelitian menemukan bahwa meningkatkan retensi atau menjaga hubungan baik dengan pelanggan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Pelanggan yang telah membeli lebih dari sekali berkemungkinan akan melakukannya lagi. Apalagi jika memiliki pengalaman layanan pelanggan yang positif.

Simpan informasi kontak dan preferensi belanja pelanggan satu kali. Kemudian, gunakan informasi tersebut untuk menyiapkan sistem pemasaran yang akan mengubahnya menjadi pelanggan tetap.

Baca juga :  Ada 'Tahu Echo' di Hotel Planet Holiday

Kedua, Mintalah Referensi

Salah satu cara untuk menarik pelanggan baru adalah dengan meminta referensi kepada pelanggan lama. Pelanggan ini sudah menjadi target pasar, yang berarti orang-orang di lingkungan sosial atau pekerjaan mereka kemungkinan besar juga akan menjadi target pasar selanjutnya. Pelanggan lama ini memiliki akses yang kuat ke pelanggan baru.

Ketiga, Perhatikan Biaya Operasional

Meningkatkan laba adalah kunci untuk mengembangkan bisnis. Apabila pangsa pasar diperluas namun biaya operasional juga turut meningkat, maka tidak ada uang tersisa untuk diinvestasikan dalam bisnis atau menghasilkan keuntungan. Jadi, saat mencari cara untuk berkembang, perhatikan baik-baik biaya yang terkait dengan menjalankan bisnis.

Baca juga :  Agar Dijauhkan dari Hal Buruk, Bacalah Doa Ini

Menurunkan biaya tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk memberikan arus kas yang dibutuhkan bisnis agar tumbuh dan stabil. Namun, pastikan untuk tidak memotong biaya dengan cara yang berdampak pada layanan pelanggan atau kepuasan karyawan.

Keempat, Perluas Jangkauan Pasar

Jika ingin bisnis menjadi besar maka cara terbaik adalah dengan mulai memperluas jangkauan pasarnya. Buat produk atau layanan tersedia untuk sekelompok pelanggan baru. Ada beberapa cara seperti membuka cabang pada daerah baru, menargetkan demografis baru (pelanggan baru), atau melalukan pembaruan pada produk.

Kelima, Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Pameran dagang menjadi peluang untuk memasarkan secara langsung ke calon pelanggan. Ini juga memungkinkan untuk menjalin jaringan dengan bisnis lain di industri terkait. Bekerja dengan bisnis lain ini dapat membantu menjangkau pelanggan baru dan membangun kredensial dalam skala nasional atau bahkan internasional.

Baca juga :  BP Batam Komit Tingkatkan Kualitas SDM untuk Menguatkan Batam

Keenam, Diversifikasi Produk atau Layanan

Kunci untuk mengembangkan bisnis melalui diversifikasi (peranekaragaman) adalah membangun kesamaan. Menerapkan perubahan kecil dari waktu ke waktu dapat memungkinkan untuk mendiversifikasi produk. Ini akan memperluas jangkauan pada pelanggan baru tanpa terlalu memaksakan bisnis.

Tujuh, Pilih Strategi yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis

Tak setiap strategi dapat berhasil pada suatu bisnis. Maka coba pilih satu atau dua ide yang sesuai dengan bisnis dan keadaan.

Kemudian buat rencana bisnis baru berdasarkan strategi tersebut. Tetapkan target untuk pertumbuhan, pengeluaran, dan pendapatan. Pastikan untuk selalu mengecek targert secara teratur untuk memantau kemajuan bisnis. *

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed