by

Ingin Buka Usaha Toko Bangunan? Ketahui Hal Ini

Melihat pesatnya pembangunan saat ini, tidak salah jika banyak orang ingin membuka usaha toko bangunan.

Membuka bisnis ini bisa dikatakan cukup sulit karena persaingan ketat yang terjadi di pasarnya. Jika tidak siap memulainya, usaha anda akan kalah saing dari toko lain. Maka dari itu, sebelum membuka usaha toko bangunan sebaiknya memahami hambatan yang akan dihadapi untuk kiat sukses bisnis tersebut.

Dikutip dari buku Kiat Sukses Berwirausaha oleh Sutrisno Iwantono, Jakarta, Senin (14/12/2020), sebelum membuka usaha toko bangunan, buatlah strategi yang bisa membangun kepercayaan dengan pelanggan. Dengan kepercayaan yang telah terbangun ini, pelanggan yang banyak bisa berdatangan karena rekomendasi atau kabar mulut ke mulut yang terjadi di masyarakat.

Baca juga :  Kepala BP Batam Padukan Perencanaan BP Batam dengan Pemerintah Daerah

Ada empat hal yang perlu dipahami sebelum membuka bisnis toko bangunan.

Pertama, Keunggulan Biaya Absolut

Sebelum membuka toko bangunan, sebaiknya pelajari dengan baik soal biaya absolut. Ketika telah memahaminya, bisnis toko bangunan yang akan dijalankan bisa masuk ke persaingan pasar secara sehat.

Suatu perusahaan baru biasanya akan sulit masuk ke dalam industri tertentu karena struktur biayanya lebih tinggi dari perusahaan yang telah ada. Keunggulan biaya absolut dapat dimiliki oleh perusahaan terdahulu sebagai akibat dari lamanya pengalaman, akses kepada sumber bahan baku, dan faktor lain yang berhubungan dengan inovasi.

Baca juga :  Bulan Bakti BP Batam Diawali Goro di Batuaji

Kedua, Skala Ekonomi

Bagi pendatang baru bisnis toko bangunan, memahami soal akses skala ekomi yang didapat sangatlah perlu. Untuk membuka toko bangunan, akses skala ekonomi yang diterima tidak tinggi. Para pengusaha tidak mengeluarkan biaya investasi yang tinggi ketika mulai masuk ke dalam industri ini.

Ketiga, Jaringan Distribusi

Setelah menyiapkan tempat untuk membuka toko, carilah jaringan distribusi bahan material yang akan dijual. Kemampuan untuk mengakses jalur distribusi sangat diperlukan agar kesulitan dalam pencariannya bisa diminimalisir.

Baca juga :  Batam Kota Pertama Selenggarakan BDD 2018

Jaringan distribusi ini berguna sebagai pemasok atau penyedia bahan material yang ingin dijual. Ketika barang material habis, maka hubungi jaringan distribusi tersebut untuk menyediakan barang yang diperlukan.

Keempat, Identitas Merek

Merek ternama yang ditawarkan oleh suatu usaha toko bangunan akan mendatangkan pelanggan yang banyak. Merek yang sudah terpercaya di kalangan masyarakat bisa mendobrak nama usaha toko bangunan yang dijalani menjadi terkenal. Kemudian, banyak produk juga yang memiliki jaminan dari merek itu sendiri.

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed