by

Ingin Jadi Pengusaha Kreatif?

Pengusaha Kreatif harus memiliki beberapa prinsip dasar yang kuat. Sebab, memulai usaha yang berhasil dan terus berkembang tidaklah mudah.

Bagi mereka yang ingin membangun bisnis berdasarkan bakat dapat bergabung dengan barisan wirausahawan kreatif yang jumlahnya terus bertambah. Dilansir dari Small Business Jakarta, Rabu (9/12/20), prinsip-prinsip dasar ini perlu diketahui dan dimiliki oleh para pelaku bisnis terutama creative entrepreneur atau wirausahawan kreatif.

Apa itu Pengusaha Kreatif?

Pada awalnya, sebagian orang mungkin mengira wirausahawan kreatif adalah seseorang yang mencari nafkah dari usaha kreatifnya, seperti seniman atau fotografer. Meski tipe wirausahawan ini termasuk dalam kategori tersebut, seniman bukanlah satu-satunya.

Wirausahawan kreatif adalah seseorang yang menggunakan pengetahuan dan keterampilan kreatif atau intelektualnya untuk mencari nafkah, biasanya dalam bisnis atau sebagai pekerja lepas. Ini berbeda dengan kewirausahaan tradisional yang lebih banyak berfokus pada produk manufaktur dan industri.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Corona, Masyarakat Kepri Diminta Tidak Mudik

Siapa Saja Pengusaha Kreatif yang Terkenal?

Abad ke-20, dipenuhi oleh orang-orang yang mengubah pengetahuan dan kreativitasnya menjadi bisnis yang berkembang. Banyak dari mereka memulai bisnis dari rumah. Beberapa di antaranya, Walt Disney yang membuat film, taman hiburan, hingga produk Mickey Mouse dan Disney. Steve Jobs CEO dan co-founder Apple, mengembangkan teknologi yang dapat diakses oleh semua orang dengan mempertimbangkan estetika pada perangkat ciptaannya.

Ide Bisnis Rumahan Pengusaha Kreatif

Ciri khas dari bisnis wirausaha kreatif adalah memanfaatkan aset intelektual atau kreatif yang dimiliki untuk menghasilkan uang. Ada ratusan cara berbeda untuk melakukan ini tergantung pada keterampilan, pengetahuan, dan kreativitas masing-masing orang. Beberapa cara yang dilakukan pengusaha lain antara lain, karya seni dan fotografi, kerajinan tangan, blogging, desain grafis, podcast, kursus online, hingga video vlog.

Baca juga :  Fame Hotel Batam, Unik dalam Desain

Bagaimana Menjadi Pengusaha Kreatif

Saat ini, akan lebih mudah untuk mengubah pengetahuan dan bakat menjadi penghasilan. Ada banyak alasan untuk menjadi pengusaha kreatif, mulai dari dibayar untuk melakukan apa yang disukai, memiliki kontrol atas pekerjaan sendiri, lebih fleksibil dan mampu merancang karier yang sesuai dengan tujuan gaya hidup.

Namun, dibalik itu terdapat kerugian dari menjadi wirausahawan kreatif. Tugas bisnis bisa terasa membosankan, pendapatan tidak konsisten, kesulitan dalam menemukan pasar, dan mengubah minat kreatif menjadi sebuah “pekerjaan” terkadang dapat merusak kesenangannya.

Baca juga :  Sri Wahyuni Tambah Perak untuk Indonesia

Mulailah Menjadi Pengusaha Kreatif

Jika telah memutuskan untuk mengubah aset intelektual dan kreatif yang dimiliki menjadi pendapatan, mulailah dengan beberapa cara berikut ini.

Pertama, cari tahu bisnis apa yang bisa ditawarkan. Kemudian, tentukan bagaimana cara memujudkannya. Lakukan riset untuk memastikan ada pasar yang menginginkan. Tulis rencana bisnis, apa yang akan ditawarkan dan keunikannya.

Setelah melalukan hal-hal tersebut, tentukan nama bisnis dan ciptakan strukturnya. Jangan lupa untuk memastikan usaha sudah memiliki izin dan melindungi asset kreatif yang dimiliki. Siapkan sistem distribusi sebelum mulai memasarkan bisnis.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed