by

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Berhenti Lakukan Hal Ini

Menyandang predikat sebagai pengusaha itu bukan mudah. Butuh proses.

Dilansir dari Enterprenuer Jakarta, Rabu (23/12/2020), sebagai pengusaha baru, harus belajar dari kesalahan orang lain. Jika ingin menjadi pengusaha sukses, berhentilah melakukan lima hal ini:

Pertama, berhenti menjadwalkan pertemuan tim

Dalam TED Talk yang berjudul “Why work doesn’t happen at work,” pendiri dan CEO Basecamp, Jason Fried, mengatakan lakukan rapat hanya pada hal-hal yang penting dan mendesak di tempat kerja.

Rapat sering kali membuat tim kurang produktif dan membuang-buang waktu. Setiap orang membuang waktu satu jam yang seharusnya mereka habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan berkualitas.

Kedua, berhenti melibatkan diri dalam setiap proyek

Baca juga :  Pengusaha Ini Sepakat Upah Pekerja per Jam, Berikut Penjelasannya

Saat bisnis masih kecil, mungkin masuk akal untuk melibatkan diri dalam setiap proyek dan keputusan yang perlu dibuat. Tetapi seiring pertumbuhannya, seorang pengusaha harus bisa melepaskan kendali sesering mungkin.

Setelah memiliki tim dan mulai mempercayai, berikan mereka kebebasan untuk menguji ide dan strategi baru. Bayar dengan baik dan buat selalu senang, maka mereka akan membantu membangun bisnis yang lebih sukses.

Ketiga, berhenti melihat terlalu jauh ke depan

Dalam bisnis, banyak hal berubah dengan cepat. Tugas pengusaha adalah membuat semua orang yang bekerja untuk perusahaan merasa nyaman dan mampu dengan cepat beradaptasi. Artinya, pengusaha tidak boleh menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat jauh ke depan.

Baca juga :  Digelar Lomba Menulis Opini

Namun, bukan berarti tidak boleh menetapkan tujuan jangka panjang untuk diri sendiri dan tim. Sebaliknya, fokuslah pada saat ini. Tetapkan tujuan yang dapat dicapai pada akhir minggu, bulan, dan kuartal. Ini adalah bagian penting dari mengembangkan bisnis dan menciptakan loyalitas di seluruh tim.

Keempat, berhenti membuat asumsi tentang pelanggan

Sebagai seorang pengusaha, tidak dapat membuat asumsi tentang bagaimana perasaan pelanggan, apa yang mereka inginkan, bantuan apa yang mereka butuhkan, atau apa yang akan membuat mereka membeli lagi.

Coba lakukan survei pelanggan, menganalisis, belajar dari analitik dan menjadi pendengar yang baik. Ketika berhenti membuat asumsi dan mulai belajar dari data aktual, maka akan membuat seorang pengusaha menjadi lebih baik dan lebih sukses.

Baca juga :  BP Batam dan Moya Indonesia Siapkan Pengelolaan Air Berbasis IT

Kelima, berhenti khawatir dalam kompetisi

Dalam bisnis, tentu akan ada persaingan. Namun, jangan buang waktu untuk mengkhawatirkan hal tersebut. Jika produk atau layanan, merek, tim, dan proses sudah bagus, maka cepat atau lambat akan sukses.

Terlalu banyak pengusaha terjebak dalam pertempuran dengan persaingan. Mereka membuang-buang waktu dan uang dengan meluncurkan kampanye dan taktik “kotor” lainnya yang dimaksudkan untuk menyakiti pesaing mereka. Jangan terjebak dengan hal itu dan fokus bangun loyalitas pelanggan, produk yang lebih baik, dan tim yang kuat.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed