by

Ingin Rumah Nyaman Sepanjang Hari?

Saat rumah yang dimiliki wangi dan nyaman, tentu akan membawa rasa betah pada penghuninya. Sebab itu, kesegaran rumah harus selalu terjaga.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Senin (14/12/2020), para pakar membagikan tips-tips cara menciptakan ruangan yang segar dan wangi, tanpa harus selalu menggunakan wewangian.

Mengatasi Bau Karena Udara Lembab

Rachel Hoffman, penulis buku You’re Better Than Your Mess mengatakan, lembab menjadi penyebab nomor satu dari bau di rumah. Jika menemukan ruangan dengan kelembapan di atas 60 persen, gunakan dehumidifier (alat pengatur kelembapan).

Perhatikan lebih banyak sumber mikro lembab, seperti spons dan handuk. Ganti spons setidaknya setiap satu hingga dua minggu, pastikan handuk bersih benar-benar kering sebelum disimpan.

Baca juga :  Teknologi Baru Akan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Keluarkan Barang Penyebab Bau

Tempat sampah sering kali mengeluarkan bau yang tidak sedap jika lupa dikeluarkan. Hoffman menyarankan untuk membersihkan bagian dalam tong sampah (termasuk tutupnya, jika ada) setidaknya sebulan sekali.

Jika memiliki hewan peliharaan, maka cuci tempat tidurnya secara teratur dan kumpulkan kotak kotorannya setiap hari. Coba gunakan ember sampah yang kecil di rumah. Ini akan membuat pemilik rumah terpaksa membuang sampah lebih teratur.

Bersihkan Lemari Es

Hoffman mengatakan, penyebab utama bau tak sedap pada lemari es adalah kebiasaan menyimpan bumbu dan sisa makanan. Lakukan inventarisasi lemari es setidaknya setiap bulan untuk memastikan isinya segar.

Jangan lupa membersihkan lemari es secara menyeluruh sampai ke bagian dalam. Jika memiliki rak dan laci yang bisa dilepas, tarik keluar dan rendam dalam air sabun panas. Seka bagian dalam struktur dengan campuran 1 banding 1 air panas dan cuka putih dengan setetes kecil sabun cuci piring. Gunakan kain lembab untuk membilas.

Baca juga :  Golden View Hotel Hadirkan Promo Wedding Package Rp30 Juta

Bersihkan Karpet, Bantal, Seprei dan Gorden

Bakteri penyebab bau masih bisa tertinggal pada karpet, bantal, seprei, dan gorden. Maka penting untuk membersihkannya secara rutin. Perhatikan juga apakah pembersihan bisa dilakukan sendiri atau perlu meminta profesional.

“Tapi ingat ada item tertentu yang sebaiknya diserahkan kepada seorang profesional untuk memastikan pekerjaan diselesaikan dengan benar,” kata Melissa Maker, pendiri perusahaan pembersih, blog, dan saluran YouTube Clean My Space.

Baca juga :  Bersama IBI, Marlin Bangun SDM Bidang Kesehatan

Buka Jendela

Membuka jendela adalah cara termudah untuk menghadirkan kesegaran, terutama jika memiliki sisa bau yang tertinggal. Membuka jendela membuat seluruh ruangan terasa lebih bersih dan membantu meningkatkan suasana di rumah. Jika memungkinkan, buka jendela di beberapa sisi rumah untuk mendapatkan angin sepoi-sepoi.

Gunakan Penetral

Jika tidak terlalu menyukai wewangian karena alergi, carilah penetral bau yang tidak menambahkan aroma. Salah satunya dengan menggunakan filter arang aktif yang digantung pada ruangan rawan bau.

Selain itu, soda kue dan kopi juga dapat menyerap bau tidak sedap. Masukkan bungkus soda kue atau kopi ke dalam laci atau di mana saja yang perlu disegarkan.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed