by

Ingin Sukses Sebagai Supplier?

Supplier merupakan usaha yang bergerak pada pemasokan barang ke suatu tempat untuk kebutuhan sendiri atau dijual lagi sebagai pengecer. Perusahaan yang bergerak sebagai supplier dapat berfungsi sebagai distributor.

Selain modal yang besar, hal lain yang harus dikuasai dalam bisnis ini adalah manajemen sistem keluar masuk untuk mengurangi risiko kehilangan barang. Pengetahuan tentang produk yang dijual, keahlian dalam negosiasi dan menjalin relasi juga hal penting yang harus dimiliki pengusaha supplier.

Baca juga :  Pasar Warisan Ikon Baru di Pulau Penyengat

Mengutip dari buku 101++ Ide Jitu Peluang Usaha karya Tim Gemini Writer, Jumat (21/1/2021) berikut kiat sukses menjalankan usaha supplier.

Pertama, survei supplier barang yang akan ditekuni sebagai usaha. Pahami juga jalur distribusi, sistem pembayaran, sistem kerja, dan modal sebelum menekuni usaha distributor.

Kedua, jalin kerja sama dengan agen dan subagen. Kemudian pantau harga, baik harga pabrik, harga jual di toko, hingga harga di warung-warung.

Baca juga :  PLN Batam Berbagi Kebahagian Bersama 1000 Anak Yatim & Dhuafa

Ketiga, rekrut tenaga kerja. Mulai dari asisten, tenaga administrasi, keuangan, kurir, sampai office boy. Jumlah tenaga kerja tergantung besar usaha supplier dan distribusi.

Keempat, jaga kondisi barang agar tetap dalam keadaan baik. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Kelima, teliti dan tekun dalam menjalani usaha retail ini. Selalu pantau pembukuan dan arus kas yang masuk, agar semua terkendali.

Baca juga :  Trofi Piala Dunia Diarak Casillas dan Supermodel Rusia

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed