by

Ini Bisnis Rumahan yang Bermodalkan Komputer

Dalam kondisi pandemi saat sekarang, bisnis rumahan menjadi salah satu alternatif masyarakat. Sejumlah bisnis bisa dipilih dan dijalankan, salah satunya bisnis rumahan berbasis komputer.

Dikutip dari The Balance Small Business, Jakarta, Kamis (31/12/2020), Jika memiliki pengetahuan, keterampilan, dan peralatan yang diperlukan, bisnis berbasis komputer ini dapat dimulai dengan cukup cepat dan terjangkau.

Dilansir Okezone, ada lima ide bisnis rumahan berbasis komputer yang bisa dilakukan oleh setiap orang.

Pertama, Tutor Komputer

Hidup di era digital bukan berarti semua orang paham komputer. Di situlah peran tutor atau pelatih komputer dibutuhkan. Seorang tutor komputer berbasis rumah mengajari individu atau bisnis bagaimana cara terbaik menggunakan program komputer dan internet mereka.

Pelatihan tersebut dapat dilakukan secara virtual melalui konferensi video. Dalam beberapa kasus, bertemu klien secara langsung di rumah, kantor, atau lokasi pertemuan lainnya perlu dilakukan jika tidak bisa melatih secara virtual.

Baca juga :  Masjid Tua di Liverpool Kini Ramai Umat Berkat Mohamed Salah

Kedua, Perbaikan Komputer

Spesialis perbaikan komputer perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang mekanisme dan sistem pemrograman komputer untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah.

Jika menjalankan bisnis ini dari rumah, kemungkinan besar seseorang akan pergi ke rumah atau kantor klien untuk melakukan perbaikan. Maka dari itu sangat perlu memiliki alat yang diperlukan untuk mendiagnosis masalah sistem serta membuka komputer untuk memperbaiki atau mengganti hard drive atau perangkat internal lainnya.

Bersamaan dengan perbaikan, penawaran soal pengaturan komputer dan jaringan, termasuk pengaturan keamanan untuk membantu menjaga komputer klien bebas dari virus dan malware dapat dilakukan.

Baca juga :  Cara Terbaik Membeli Kebahagiaan

Ketiga, Penerbitan Dekstop

Jika memiliki keterampilan komputer yang mencakup kreativitas, serta pemahaman tentang tata letak halaman dan grafik, penerbitan desktop adalah ide bisnis rumahan yang layak untuk dipertimbangkan. Meskipun ada banyak program DIY untuk penerbitan desktop, banyak bisnis membutuhkan kreasi yang disesuaikan.

Banyak tugas yang dilakukan penerbit desktop termasuk memproduksi buku, buletin, majalah, brosur, konten internet, dan desain grafis untuk logo dan papan nama. Banyak pengusaha online membutuhkan bantuan dalam membuat produknya, seperti perencana, bagan, dan lainnya.

Keempat, Layanan Pemasaran Internet

Jika menjadi pengguna internet yang paham dan memahami pemasaran, terutama pemasaran internet, maka jenis bisnis ini cocok untuk dilakukan.

Bisnis ini dapat membuka peluang untuk terjun ke dunia usaha global yang mencangkup seluruh dunia. Pelaku usaha pemasaran internet juga bisa menawarkan bisnis pemasaran internet lengkap atau dapat mengkhususkan diri, seperti manajemen media sosial atau pemasaran email.

Baca juga :  Tahun Depan Batam Punya Jalan Jalur Pesepeda

Kelima, Desain Web atau Pemrograman

Mirip dengan penerbitan desktop, banyak alat DIY tersedia untuk mempermudah pembuatan situs web bagi tipe non-teknologi. Meski demikian, masih ada peluang bagi desainer web dan programmer, terutama seiring dengan bertambahnya jumlah bisnis online.

Keuntungan dari desain web dan pemrograman adalah dapat bekerja dengan klien secara lokal atau di seluruh dunia. Selanjutnya, dapat menawarkan layanan satu kali, seperti pengaturan situs web, atau paket pemeliharaan di mana klien membayar setiap bulannya untuk memantau, memperbarui, dan mengelola situs web. *

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed