by

Ini Bisnis yang Tidak Perlu Modal Besar

Modal terkadang menjadi kendala saat seseornag ingin memulai usaha. Padahal, masih banyak ide bisnis yang bisa dimulai dengan modal secukupnya atau tidak memerlukan modal besar.

Usaha di bawah ini mungkin bisa jadi inspirasi bagi pekerja yang diPHK. Modal untuk usaha bisa menggunakan uang pesangon yang diberikan saat di PHK.

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil yang dilansir Okezone, Minggu (23/8/2020).

Pertama, Es Buah

Menjalankan usaha es buah tidak begitu sulit, hanya dengan modal minim dan peralatan secukupnya saja sudah bisa dijalankan. Selain itu, usaha ini bisa dijalankan juga dari rumah, artinya tidak memerlukan tempat besar untuk memulai usaha tersebut.

Baca juga :  Bagaimana Membagi Keuntungan Usaha Bareng Teman?

Nah, mengenai untung dalam berjualan es buah ini, harus memperhatikan lokasi berjualan. Bisa dari rumah, menyewa atau mencoba berjualan pada bazar yang sering diadakan.

Kedua, Toko Kelontong

Dengan bisnis ini sudah dapat mulai balik modal hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan. Sebab, dalam perkiraannya bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp2,4 juta per bulannya.

Adapun modal awal yang dibutuhkan adalah Rp2.366.000. Diperuntukkan untuk investasi besi sudut sebesar Rp16.000, 1 Unit Etalasi sebesar Rp850.000 dan barang-barang dagangan Rp1.500.000. Estimasi pendapatan per bulan adalah Rp3.000.000 dan laba bersih Rp2.400.000.

Ketiga, Gerai Minuman

Untuk memulai bisnis gerai minuman hanya dibutuhkan modal Rp1 jutaan saja. Dengan bisnis ini juga sudah mulai balik modal hanya dalam kurun waktu kurang dari 2,5 bulan dengan rata-rata pendapatan Rp500 per bulan.

Baca juga :  Kepala BP Batam Apresiasi Pengusaha Batam Dukung Penanganan Covid-19 di Batam

Adapun modal awal yang dibutuhkan adalah Rp1.050.000. Diperuntukkan untuk Pembuatan gerobak mini Rp500.000, peralatan usaha Rp300.000, Bahan Baku Rp250.000. Estimasi pendapatan per bulan adalah Rp900.000 dengan estimasi penjualan Rp1.500 dikalikan 20cup yang terjual per hari.

Keempat, Kios Lotek, Gado-Gado, dan Ketupat Tahu

Modal awal untuk memulai usaha ini sekira Rp1,8 juta, dengan estimasi perkiraan balik modal kurang lebih dalam satu bulan. Keuntungan per bulan bisa sampai Rp2,2 juta.

Mesti terlihat mudah, kunci sukses untuk memulai bisnis ini adalah sayuran yang harus benar-benar segar. Selain itu, perbanyak camilan berupa gorengan sebagai pelengkap menu karena keuntungan diperoleh dari sana.

Baca juga :  HIPMI Kepri Targetkan Seribu Pengusaha Muda

Kelima, Jus Buah

Membuat dan meracik jus buah tidak terlalu tersulit, bahan dan peralatannya pun juga mudah didapat. Untuk mengembangkan bisnis ini bisa bergabung dengan penjual makanan hangat seperti mi ayam atau bakso, atau membuat gerai jus buah sendiri.

Modal awal yang diperlukan mencakup untuk pembelian alat penjualan seperti, blender 3 buah dengan perkiraan harga Rp1.500.000, kulkas Rp2.000.000, dan gelas plastik untuk jus Rp200.000. Jika ditotalkan berarti sejumlah Rp3.700.000.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed