by

Ini Manfaat Buah Pala

Manfaat pala begitu beragam dan perlu diketahui. Pala adalah salah satu rempah-rempah Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan lainnya. Pala pertama kali ditemukan di kepulauan Banda, Maluku dan kemudian menyebar di seluruh Indonesia. Rempah-rempah ini juga menjadi salah satu penyebab Indonesia menjadi wilayah yang dijajah bangsa Eropa.

Bahkan hingga sekarang pala masih digemari dan diekspor ke benua Eropa untuk dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, hingga makanan. Bahkan buah pala bisa ditemui di dapur rumah-rumah di Eropa.

Berikut beberapa manfaat pala dari berbagai sumber, Senin (22/4/2019).

Pertama, Menghilangkan Masuk Angin

Kandungan minyak atsiri di dalam buah pala bisa menghilangkan masuk angin dan menghangatkan badan. Caranya buah pala direbus dengan air kemudian air rebusan itu diminum. Cara ini hampir sama dengan minum rebusan jahe.

Kedua, Menambah Nafsu Makan

Jika kamu mempunyai nafsu makan yang rendah, kandungan enzim lipase pada buah pala bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan nafsu makan. Hal ini cocok bila dikonsumsi anak-anak yang memiliki nafsu makan yang rendah.

Ketiga, Mengatasi Insomnia

Susah tidur atau insomnia bisa di atasi dengan rebusan buah pala. Rebusan ini diyakini akan memperbaiki kualitas tidurmu sehingga bisa mengatasi insomnia yang kamu derita.

Keempat, Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung adalah kondisi dimana asam pada lambung terlau banyak diproduksi dan membuat berbagai penyakit. Asam lambung biasanya ditandai dengan rasa perih dan juga mual yang ada di dalam perut. Kandungan zat saponin pada buah pala diyakini bisa meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh.

Kelima, Menyehatkan Otak

Kandungan meristin yang ada dalam buah pala dipercaya bisa untuk mengurangi degredasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dari otak. Pada pederita penyakit alzeimer, parkinson, dan pikun, degredasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dalam otak bisa dikurangi atau diperlambat efeknya.

Keenam, Detoks

Detoks merupakan proses pengeluaran racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Banyak tanaman yang bisa digunakan untuk mendetoks tubuh salah satunya adalah buah pala. Kandungan senyawa kimia pada buah pala dipercaya dapat mendetoks racun dan juga toksin yang ada di dalam tubuh, terutama racun yang terdapat pada ginjal dan hati.

Ketujuh, Mencegah Leukimia

Leukimia atau kanker darah ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah pala. Kandungan senyawa kimia berupa metanol dalam buah pala dipercaya dapat mencegah kanker darah atau leukimia. Mengkonsumsi ekstra buah pala bisa mencegah sel leukimia di dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

Delapan, Menyehatkan Kulit

Buah pala mengandung zat scolopetin yang mampu menghentikan peradangan pada kulit. Bekas cacar, dan bisulan bisa dihilangkan dengan buah pala, sehingga kulit akan menjadi lebih halus lagi.

Cara menggunakannya adalah dengan memarut buah pala kemudian dicampur dengan madu dan air. Balurkan ke lokasi yang diinginkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, bilaslah dengan air hangat.

Sembilan, Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah bisa diatur dengan mineral dan kalium yang terkandung dalam buah pala. Mineral dan kalium akan merenggangkan pembuluh darah sehingga pembuluh darah yang renggang bisa mengurangi dari tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, buah pala juga dipercaya bisa melancarkan peredaran darah karena kandungan kaliumnya.

Sepuluh, Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah pala berikutnya adalah bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Kandungan berbagai vitamin salah satunya vitamin C dalam buah pala dipercaya bisa meningkatkan sistem imun sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang.

Itulah beberapa manfaat rempah-rempah asli Indonesia yang begitu banyak. Karena manfaatnya yang banyak itulah, buah pala menjadi salah satu produk ekspor andalan Indonesia dan juga terkenal di manca negara.*

(sumber: liputan6.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed