by

Ini Manfaat Makan 3 Kurma Setiap Hari dalam Seminggu

Kurma menjadi salah satu makanan yang tak boleh absen setiap bulan Ramadan. Ternyata, mengonsumsi 3 kurma setiap hari dalam seminggu akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Dilansir HiMedik dari foodprevent.com, kurma sebagai pencuci mulut memiliki khasiat yang mengagumkan untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita.

Tetapi, ada manfaat yang lebih ajaib lagi jika kita makan tiga buah kurma setiap hari selama seminggu. Berikut ini yang akan terjadi setelah rutin makan kurma selama seminggu.

Pertama, mengurangi risiko kanker usus besar.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan dan Gizi menemukan bahwa kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan usus besar. Karena kurma membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

Di sisi lain, kurma juga membantu memastikan sistem pencernaan dan usus di dalam tubuh kita sehat serta bebas dari bakteri berbahaya yang meningkatkan risiko kanker.

Kedua, meningkatkan energi.

Kurma yang mengandung gula alami, glukosa, fruktosa dan sukrosa yang membantu meningkatkan energi seseorang. Pastinya kurma sebagai sumber energi lebih baik dari minuman berenergi. Karena, kurma mengandung komponen sehat seperti serat, potasium, magnesium, vitamin dan antioksidan yang meningkatkan energi.

Ketiga, meningkatkan pencernaan.

Sama seperti poin pertama, kurma memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan berjalan lancar dan dalam kondisi baik bebas dari bakteri.

Selain itu, kurma juga mengandung 12 gram serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar secara teratur.

British Journal of Nutrition menemukan orang yang rutin mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari memiliki frekuensi buang air besar yang lebih teratur dan lancar daripada yang tidak makan kurma.

Keempat, mengatasi wasir.

Wasir adalah vena di anus dan dubur yang membengkak karena meradang. Kondisi ini biasanya terjadi karena ada suatu masalah di ujung saluran pencernaan.

Kondisi ini pasti sangat menyakitkan dan membuat tidak nyaman penderitanya. Biasanya dokter akan merekomendasinya untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya kurma.

Kelima, meningkatkan sistem kardiovaskular

Kalium yang terkandung dalam kurma ini sangat ajaib menurunkan LDL (kolesterol jahat) yang menyebabkan penyumbatan di arteri sampai akhirnya mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Studi pun telah menemukan orang yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium setiap harinya memiliki sistem kardiovaskular lebih baik, ia berisiko rendah serangan jantung dan kanker.

Karena itu, konsumsi kurma secara rutin setiap harinya dapat membantu kita terhindar dari berbagai masalah penyakit kardiovaskular.*

(sumber: suara.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed