by

Ini Rempah Tradisional untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di tengah merebaknya virus corona, pencegahan dan antisipasi terus dilakukan. Para ahli pun menekankan kebiasaan cuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh.

Salah satu jalan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, adalah mengonsumsi rempah-rempah tradisional. Beberapa contoh di antaranya seperti jahe, temulawak, sereh, kunyit atau juga kayu manis.

“[Konsumsi rempah-rempah tradisional] bisa membantu menambah daya tahan tubuh,” kata ahli gizi klinik Saptawati Bardosono, Senin (2/3/2020).

Kendati Saptawati mengakui memang belum ada bukti ilmiah yang mampu menjelaskan kerterkaitan rempah dengan daya tahan tubuh. Tapi praktik ini telah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Dan hasilnya, rempah memang menyimpan beragam khasiat termasuk manfaat kesehatan.

Ada beberapa rempah yang bisa Anda konsumsi untuk menambah daya tahan tubuh.

Pertama, Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning yang khas. Rempah satu ini memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, bahan pewarna kuning alami juga bahan ramuan jamu.

Menurut Profesor Amir Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, kandungan kurkumin pada kunyit secara umum bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

“Karena ada beberapa kajian bahwa kurkumin punya efek misalnya menurunkan peradangan, ada yang menyebut efek antioksidan, itu semua pada intinya untuk meningkatkan kesehatan, daya tahan tubuh,” jelas Amir.

Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan diparut dan diambil ekstraknya. Ada pula cara praktis dengan menyeduh kunyit bubuk atau tablet ekstrak kunyit yang tersedia di pasaran.

Kedua, Jahe
Cuaca tak menentu kadang membuat tubuh mudah terserang penyakit. Jahe bisa Anda manfaatkan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

“Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk antiinflamasi atau radang flu, demikian juga beberapa antioksidan pada rempah untuk imunitas tubuh,” kata Profesor Dodik Briawan, ahli gizi masyarakat IPB, Senin (2/3/2020).

Cukup rebus beberapa ruas jahe lalu minum air rebusannya. Selain memberikan efek hangat, jahe bisa meredakan batuk dan melegakan hidung tersumbat akibat pilek.

Ketiga, Temulawak
Seperti kunyit, temulawak juga mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Konsumsi temulawak pun diyakini bisa menyehatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda tentu masih ingat resep jamu ala Presiden Jokowi. Resepnya sederhana, cukup merebus temulawak, kunyit dan jahe. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati.

Keempat, Kayu manis
Aroma khasnya membuat kayu manis banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan maupun kudapan. Kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Kayu manis juga dikenal kaya akan antioksidan, antimikroba dan antiinflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis rempah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa sebagai campuran pada rebusan jamu.

Lima, Sereh
Daun sereh berkaitan dengan kesehatan. Daun yang kerap dijadikan pelengkap bumbu masakan ini mengandung vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Sereh bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidannya berperan melawan radikal bebas. Sereh memiliki beberapa jenis antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin.*

(sumber: cnnindonesia.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed