by

Ini Sejumlah Manfaat Wudhu untuk Kesehatan

Seorang muslim rata-rata berwudhu minimal lima kali, yaitu ketika hendak melaksanakan sholat fardhu, belum lagi ibadah lainnya. Tapi, tahukah Anda jika wudhu juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh?

Direktur Utama Rumah Sakit Haji Jakarta dr. Syarief Hasan Luthfi mengatakan, rajin berwudhu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, selain itu juga sekaligus untuk membersihkan hati.

“Juga dapat menjaga kebersihan kulit dan membuang polusi di pori-pori kulit,” ujar dr Syarief.

Baca juga :  Peneliti Unair Klaim Temukan Obat Corona

Lebih lanjut, bagi orang yang berwudhu secara otomatis pasti juga akan membersihkan anggota tubuh dan kulitnya. Ia selalu menjaga kebersihan hidungnya (dengan istinsyaq), tangannya, wajahnya, hingga kedua kakinya.

Berwudhu yang baik dan benar juga dapat mencegah kanker kulit. Setiap hari orang pasti bersentuhan dengan banyak elemen, termasuk bahan-bahan kimia. Oleh karena itu dengan berwudhu, maka bahan kimia yang menempel di kulit tersebut akan larut dan hilang.

Baca juga :  Alhamdulillah, Dua Pasien Covid-19 di RSBP Batam Sembuh

“Wudhu juga ternyata bisa menimbulkan perasaan nyaman dan tenang. Sebab, air yang membasahi anggota tubuh dapat memberikan ketenangan kepada diri seseorang,” terangnya.

Selain itu, sebelum tidur juga dianjurkan memiliki wudhu sehingga dapat terjaga kesuciannya. Sebagaimana dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah SAW:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ نَامَ عَلَى وُضُوْءٍ فَأَدْرَكَهُ الْمَوْتُ فِيْ تِلْكَ اللَّيْلَةِ فَهُوَ عِنْدَ اللهِ شَهِيْدٌ}.

Artinya: “Siapa yang tidur dalam keadaan berwudhu, lalu kematian menemuinya di malam itu, maka ia termasuk syahid di sisi Allah.” (Imam Nawawi di dalam kitab Tanqihul Qaul).

Baca juga :  BP Batam Gaet Investor dari Ajang CIFIT 2019

Kemudian dalam hasan riwayat Imam an-Nasa’i:

عن أنس – رضي الله عنه – قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “توضأوا بسم الله. رواه النسائي.

Artinya: “Dari sahabat Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: Berwudhulah dengan menyebut nama Allah.”(HR. An-Nasa’i).*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed