by

“Jaga Reputasi”

Salah satu miliarder dunia, David Rubenstein memberikan pesan inspiratif yang begitu ‘ngena’ di hadapan lulusan sekolah bisnis Wharton School, bagian dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

Tiga topik yang dibahasnya saat itu, yakni karier, pendidikan, serta reputasi. Ada satu petuah yang begitu mudah terngiang di telinga para hadirin. Ketika membahas tentang reputasi, ia mengatakan bahwa membutuhkan waktu yang lama untuk membangunnya, namun hanya butuh lima menit untuk menghancurkannya.

Pasalnya, reputasi akan hancur seketika saat seseorang mengambil jalan pintas dengan cara yang tak baik.

“Kamu akan berkali-kali tergoda untuk mengambil jalan pintas. Jangan berbuat demikian. Pikirkan mengenai orang-orang yang mencoba mengambil jalan pintas dan apa yang terjadi pada mereka ketika tertangkap,” ujar Rubenstein, mengutip dari Forbes (14/6/2019).

Baginya, jika sekali saja reputasi itu hancur, akan sangat sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, miliarder asal AS tersebut berpesan agar para lulusan selalu mengikuti etika daripada mengambil jalan pintas.

Rubenstein merupakan pemimpin perusahaan investasi The Carlyle Group. Ia memiliki kekayaan US$2,9 miliar atau Rp41,3 triliun dan dikenal dermawan.*

(sumber: www.wartaekonomi.co.id)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed