by

Jangan Hanya Andalkan Gaji Saat Pandemi Ini

Saat pandemi seperti sekarang, pengelolaan keuangan haruslah kuat. Soalnya, sedikit banyak, situasi seperti sekarang pengeluaran mengalami perubahan. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi pada pendapatan.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini mengatakan, masih dalam situasi pandemi, mulai sejak dini untuk mencari alternatif penghasilan. Karena dengan kondisi seperti ini, masyarakat sudah tidak bisa lagi hanya mengandalkan pendapatan dari gaji.

“Makanya evaluasi sumber pendapatan Anda. Jadi pertama tahun depan Anda tidak bisa lagi bergantung pada gaji saja. Harus punya ciptakan penghasilan sendiri,” ujarnya, Jumat (4/9/2020).

Baca juga :  Indonesia-UEA Kembangkan e-Learning Madrasah pada 2020

Menurut Mike, dalam kondisi seperti ini segala sesuatunya masih berada di dalam ketidakpastian. Termasuk juga pada pekerjaan yang saat ini sedang dijalankan.

Memang, saat ini kondisi perusahaan tempat bekerja masih baik saja. Namun dalam beberapa bulan ke depan, tidak ada yang bisa menjamin apakah perusahaan tempat bekerja masih bisa survive atau tidak.

Baca juga :  BP Batam Gelar Business Gathering, Dukung Integrasi Penyimpanan Data

Apalagi, belum ada kepastian kapan pandemi virus corona ini akan berakhir. Meskipun, sekarang beberapa negara sedang berusaha untuk menemukan vaksin untuk covid-19.

Hal tersebut juga tidak hanya berlaku bagi karyawan saja. Kepada mereka yang memiliki usaha juga harus sudah memikirkan untuk mencari pendapatan dari sumber lainnya.

Karena ada kemungkinan jika pandemi ini masih terus berlangsung, usaha yang dibukanya juga bisa tergerus. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi secepat mungkin yang dilakukan oleh para pengusaha khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Baca juga :  Ironman, Pariwisata Terbaik di Indonesia

“Satu lagi pandemi ini belum ada jaminan bagi anda sampai kapan. Bisa jadi saat ini anda masih bekerja masih terima gaji tapi tidak ada kepastian apakah perusahaan anda akan bagus terus. Karena bisa jadi pandemi ini seperti apa,” jelasnya. *

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed