by

Jutaan Pedagang Sudah Terhubung Sistem Pembayaran Digital

Saat ini telah ada 4,3 juta pedagang (merchant) di Indonesia yang terhubung dengan sistem pembayaran digital. Dengan digitalisasi ini mempermudah proses transaksi jual beli di masa pandemi covid-19.

“Alhamdulillah, 4,3 juta merchant sudah menggunakan layanan sistem pembayaran digital,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2020 secara virtual, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Baca juga :  Disbudpar Tanam Tanaman Tradisional di Halaman Gedung LAM

Sebagai regulator, Bank Indonesia mendukung tranformasi digital para pelaku UMKM. Pemasaran produk pun bisa dilakukan tak berbatas ruang dan waktu.

Dukungan yang diberikan bank sentral dengan menyiapkan infrastruktur berupa QR code dalam sistem pembayaran. “Kami digitalkan sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS,” kata dia.

Perry menyarankan, produk UMKM tidak hanya dipasarkan melalui platform digital yang sudah ada. Dia menyarankan pelaku usaha untuk memanfaatkan berbagai media sosial untuk memasarkan produknya. Sehingga produk yang dijual bisa dijangkau oleh pelanggan di tempat yang berbeda meski terkendala jarak.

Baca juga :  BP Batam Akan Tata Pelabuhan Rakyat

“Pemasaran ini tidak harus pakai e-commerce walaupun lebih baik pakai itu,” kata dia.*

(sumber: liputan6.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed