by

Kapal di Batam Tak Patuhi Prokes, Tidak Diberikan SIB

Polsek Kawasan Pelabuhan Batam dan Polairud Polda Kepri melakukan sidak ke sejumlah pelabuhan yang aktif di Kota Batam, Jumat (11/6/2021).

Sidak itu dalam rangka pengecekan kapal komersil di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Batam terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) mengantisipasi covid-19 di dalam kapal.

Kapal komersil yang dicek yakni di pelabuhan Harbourbay, pelabuhan Domestik Sekupang, pelabuhan Domestik Punggur, pelabuhan Roro Punggur dam Pelabuhan Internasional Batam Centre.

Baca juga :  Pulau Bawah Destinasi Wisata yang Mewah

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Batam, AKP Budi Hartono, mengatakan, tujuan dari sidak itu adalah ntuk menegaskan kembali bahwa protokol kesehatan yang ada di pelabuhan untuk ditegakkan dengan ketat.

“Semuanya harus peduli, baik itu penumpang maupun agen kapalnya kalau kita mengawasi dan menegur,” ucap Hartono.

Dikatakan Hartono, dari sidak yang dilakukan, masih ditemukan adanya kapal di pelabuhan domestik punggur yang tidak memberikan tanda jarak pada kursi penumpang di dalam kapal.

Baca juga :  "Tanaman dan Bunga Bisa Menjadi Terapi"

Dikesempatan tersebut, pihak agen kapal diminta untuk memberikan tanda jarak pada kursi penumpang di dalam kapalnya.

Sementara itu, Dir Polairud Polda Kepri, Kombes Pol Gieuseppe Reinhard Gultom menegaskan, bahwa Surat Izin Berlayar (SIB) tidak akan diberikan oleh Syahbandar jika ditemukan tidak sesuai prokes.

“Kita sarankan kepada KSOP atau Syahbandar jika ditemukan kapal yang tidak mematuhi protokol kesehatan untuk tidak diberikan SIB,” ujarnya dilansir media online di Batam. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed