by

Kayu Kaliandra akan Dibudidayakan di Kepri

Kayu Kaliandra akan dibudidayakan di Kepri sebagai biomassa untuk pembangkit listrik.

Plt Gubernur Kepri, Isdianto, di Tanjungpinang, Jumat (25/10/2019) mengungkapkan, General Manager PLN Riau-Kepri, Irwansyah, baru-baru ini mengemukakan penggunaan Kayu Kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik sudah diterapkan di Kabupaten Karimun.

Pemprov Kepri, kata dia, akan terus mendukung jika nantinya penggunaan kayu ini dapat dikembangkan di seluruh kabupaten/kota se-Kepri.

“Selain bernilai ekonomis, jika memang menjanjikan kami juga berwacana mengembangkan kayu kaliandra sebagai salah satu komoditas pertanian,” imbuhnya.

Maka itu, lanjut Isdianto, hingga saat ini pihaknya sedang berupaya untuk mengkaji lebih lanjut terkait pengelolaan kayu kaliandra ini.

“Jika bahan bakar listrik seperti batu bara langka dan akan habis, kita berharap kayu kaliandra menjadi alternatif penggantinya,” tutur Isdianto.

Tanaman kaliandra merupakan tanaman multiguna yang mudah tumbuh pada berbagai jenis tanah serta toleran terhadap pemangkasan, dengan banyaknya tunas-tunas samping menjadikan terubusan kaliandra makin cepat memberikan penutupan lahan yang makin efektif.

Kayu kaliandra merah (wood pellet) cocok digunakan sebagai bahan bakar kebutuhan rumah tangga, pertanian, dan industri besar, bahkan juga bisa untuk industri pembangkit tenaga. Dengan kandungan panasnya mencapai 4.880 kilo kalori produk ini mampu menggantikan batubara.

Dengan adanya kayu kaliandra merah ini yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik biomassa pemerintah dapat mengurangi penggunaan batu bara dan dampak mengurangi efek rumah kaca.*

(sumber: antarakepri.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed