by

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Panjang Umur

Siapa sangka sejumlah kebiasaan sepele di pagi hari bisa membuat Anda panjang umur? Apa saja itu?

Diberkahi umur panjang mungkin jadi keinginan banyak orang. Menikah, punya anak, dan melihat anak-cucu tumbuh sehat dan bahagia mungkin jadi impian.

Tapi tak semua orang bisa hidup hingga usia tua. Beberapa kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan melewatkan olahraga teratur bisa jadi penyebab dari berbagai macam penyakit yang merenggut nyawa.

Selain itu, makan makanan sehat bergizi, istirahat cukup, rajin berolahraga, dan mengelola stres, beberapa kebiasaan di pagi hari bisa membantu Anda mendapatkan usia lebih panjang.

Berikut beberapa kebiasaan tersebut.

Pertama, menentukan tujuan

Rutinitas di pagi hari bisa membantu meningkatkan suasana hati, atau sebaliknya. Bangun pagi dikejar deadline pekerjaan, atau terpaksa harus bersih-bersih karena ada teman yang akan datang, bisa menyebabkan suasana hati Anda rusak di pagi hari.

Baca juga :  BP Batam Susun Renstra 2020-2024

Menurut ahli saraf dan penulis buku Awakening your Ikigai, Ken Mogi, penting untuk menumbuhkan tujuan hidup Anda di pagi hari. Tujuan hidup yang dimaksud adalah apa yang membuat Anda lebih bersemangat saat matahari terbit hingga Anda merasa hidup ini terasa menyenangkan.

“Mulai dari menerima diri sendiri, terhubung dengan orang lain, dan menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil,” kata Ken, seperti dikutip Well and Good.

Menemukan apa yang membuat Anda bahagia juga dapat meningkatkan harapan hidup Anda.

Kedua, tidak melewatkan sarapan pagi

Satu hal yang mendukung umur panjang adalah makanan bergizi. Selain makan siang dan makan malam, Anda juga sebaiknya tak melewatkan sarapan.

Baca juga :  William Gonzales Raih Mister Universe Tourism Indonesia 2018

Menurut Healthline, konsumsi berbagai macam makanan nabati seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dapat mengurangi terkena penyakit dan meningkatkan umur panjang.

Nutrisi dan antioksidan dari makanan nabati meliputi polifenol, karotenoid, folat, dan vitamin C, dapat membantu menurunkan risiko kematian dini.

Sarapan bergizi Anda bisa dimulai dengan menu sayur dan buah, atau oatmeal dengan buah.

Ketiga, kopi atau teh pagi hari

Konsumsi kopi dan teh di pagi hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis.

Kandungan polifenol dan katekin yang terdapat dalam teh hijau bisa menurunkan risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Demikian halnya dengan kopi.

Baca juga :  Pacific Palace Hotel Batam Luncurkan Sosialita Afternoon Tea

Selain sarapan bernutrisi, Anda sebaiknya mulai menyiapkan secangkir teh atau kopi untuk menemani pagi hari Anda.

Keempat, katakan hal baik

Berpikir positif dan mengatakan hal yang baik pada tetangga atau keluarga bisa membantu menjaga hubungan, dan meningkatkan hidup yang berkualitas.

Sebuah penelitian di Yale University oleh Sigal G. Barsade mengungkapkan bahwa perilaku baik akan menular. Jika Anda melakukannya pada tetangga, kemungkinan perilaku tersebut akan kembali pada Anda.

Kelima, menghabiskan waktu dengan orang tersayang

“Ketika Anda merasa terhubung dengan orang lain dan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang, berbagi, dan tertawa, Anda secara alami merasa lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup Anda,” kata Sarah Thacker, health coach dan instruktur yoga. *

(sumber: cnnindonesia.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed