by

Komandan Kodim 0312/Padang Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Komandan Kodim 0312/Padang, Letkol Czi Rielman Yudha, beserta jajaran menggelar simulasi penanggulangan bencana yang diikuti murid SD Kartika 1-12 dan SMP Kartika 1-6 Padang. Kegiatan ini juga didukung oleh kumpulan driver Angkot Saiyo Sakato, UPI YPTK, Pemko Kota Padang, BPBD Kota Padang, Sat Lantas Polresta Padang, pada, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) dan HUT ke-350 Kota Padang, sekaligus untuk melatih kesiapan siswa-siswi sekolah beserta majelis guru untuk melakukan upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, baik sebelum maupun sesudah bencana.

Setelah mendapatkan pelatihan dari anggota BPBD dan Prajurit Kodim 0312/Padang tentang edukasi terkait kebencanaan, murid-murid SD dan SMP tersebut dikejutkan dengan gempa yang ditandai dengan serine seolah-olah telah terjadi bencana gempa yang kuat. Merekapun disuruh untuk menyelamatkan diri keluar dari gerbang sekolah menuju tempat evakuasi menaiki angkot yang sudah dikondisikan, menuju jalur evakuasi dan berkumpul di Kampus UPI YPTK.

Komandan Kodim 0312/Padang, Letkol Czi Rielman Yudha, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan simulasi tersebut.

“Semoga dengan kegiatan ini kita semua akan cerdas dalam menyikapi bencana untuk menyelamatkan diri demi terwujudnya kota Padang Kota cerdas bencana,” ucap Letkol Czi Rielman Yudha.

Peserta simulasi penanggulangan bencana sesampainya di UPI YPTK lansung disambut oleh Rektor UPI YPTK, H. Herman Nawas yang pada kesempatan tersebut mengajak semua peserta untuk dekat dengan Allah.

“Mari kita banyak beribadah, berdoa dan berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bencana tidak terjadi di Kota Padang ini,” ujar H. Herman Nawas.

Sementara itu, Walikota Padang, Mahyeldi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim 0312/Padang Letkol Czi Rielman Yudha atas kreatifitasnya.

“Ini suatu inisiasi yang luar biasa yang memerankan seluruh warga Kota Padang untuk peduli terhadap bencana, mengerti bagaimana menyelamatkan diri ketika ada gempa. Termasuk dukungan dari pemilik dan supir angkot yang ada di Kota Padang juga menjadi bahagian penting dalam menciptakan suasana kondusif ketika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti bencana gempa,” ujar Walikota Padang. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed