by

Liburan Panjang? Jangan Lupa Managemen Keuangan

Libur panjang akhir bulan ini bisa menjadi peluang liburan bersama keluarga. Namun, liburan bisa jadi hal paling menguras biaya sehingga rencana liburan harus dipikirkan kembali.

Biaya transportasi dan akomodasi yang melonjak membuat kamu harus bijak agar keuangan mu tetap terjaga. Perencana Keuangan, Eko Endarto mengatakan hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menentukan bujet liburan.

Baca juga :  Batam Menari Diusulkan jadi Agenda Pariwisata Nasional

“Tentukan berapa banyak uang yang mau kamu habiskan untuk liburanmu kali ini. Jangan jadikan liburan sebagai ajang untuk pamer di media sosial, sebaliknya manfaatkan liburan sebagai cara untuk menyegarkan pikiran,” kata Eko di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Lalu, supaya biaya liburan nggak membengkak, jangan gunakan kartu kredit selama liburan. Upayakan untuk selalu membawa uang tunai ke mana pun pergi.

Baca juga :  Virtual Run To Give 2020

“Sesuaikan uang yang akan kamu bawa dengan kebutuhan selama liburan. Walau begitu, kamu harus tetap menyediakan uang tambahan untuk keperluan lain-lain,” katanya.

Selain itu, jangan membeli oleh-oleh. Mungkin, oleh-oleh yang dibeli hanya berjumlah sedikit tapi secara nggak sadar, hal ini akan membuat pengeluaranmu bertambah.

“Meskipun bujet sudah kamu tentukan, tapi kalau bisa jangan menghabiskan semua uangmu dalam satu waktu,” tandasnya.*

Baca juga :  Kepri Buka 108 Formasi CPNS

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed