by

M. Nizar: Lomba TTG Asah Kemampuan Berinovasi

(netrakepri.com) – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengharapkan Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dapat mengasah kemampuan para peserta agar lebih inovatif dan memiliki wawasan untuk menjadikan berbagai benda yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat dan dikembangkan.

“Kita ingin TTG ini menjadi ajang, adu kemampuan dan pengetahuan untuk menciptakan berbagai inovasi alat-alat teknologi yang tidak saja hanya kembali dilombakan, tapi juga bisa kita kembangkan nanti,” kata M Nizar seperti dilansir antarakepri.com, Rabu (25/4/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) tersebut mengangkat tema, Dengan lomba inovasi teknologi tepat guna, kita tingkatkan pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam desa.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan solusi pemanfaatan berbagai potensi yang dimiliki desa untuk dapat mempermudah pengelolaan potensi yang dimiliki oleh Desa.

Kepala BPMD Kabupaten Lingga, Dodi Suhendra, mengatakan kegiatan tersebut diikuti tiga puluhan peserta dari berbagai sekolah, dan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Lingga para peserta diminta untuk memperlihatkan berbagai hasil karya TTG-nya untuk dipersentasikan dan dipamerkan.

“Kabupaten Lingga selalu masuk di tingkat nasional dari beberapa kali lomba yang kita ikuti, khususnya di tingkat pelajar,” kata Dodi.

Dengan kegiatan ini, dia berharap Kabupaten Lingga kembali mengirimkan peserta terbaiknya untuk mengikuti lomba di tingkat nasional. Karena tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk, mencarikan produk unggulan yang nantinya dapat bersaing ditingkat Provinsi Kepri dan di tingkat Nasional.

Terlihat salah satu peserta juga menampilkan TTG yang membuat alat untuk pengering ikan teri sederhana, yang mencerminkan kebiasaan dan mata pencaharian dari masyarakat Kabupaten Lingga yang sebagian besarnya adalah nelayan dan memiliki kelong ikan teri. Alat tersebut menarik perhatian karena menampilkan replika kelong ikan teri.

“Hasil-hasil ini tentu sangat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat kita, semoga ini benar-benar dapat bermanfaat dan kita kembangkan nantinya,” ucap Dodi. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed