by

Mau Pasarkan Produk? Terapkan 5P

Ketika membuka bisnis tentunya mempromosikannya adalah kegiatan yang harus dilakukan. Apalagi ketika membuka bisnis rumahan, strategi pemasarannya harus cermat dibuat.

Berbicara soal strategi pemasaran, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukannya. Hal itu bertujuan untuk menjangkau, hingga memahami pasar yang ingin dituju. Salah satu strategi pemasaran yang bisa dilakukan adalah 5P.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Selasa (9/3/2021), 5P adalah product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), dan people (orang). Dengan strategi tersebut dapat membantu untuk memahami dan menjangkau pasar dari bisnis rumahan secara efektif.

Tidak hanya itu, berikut ini terdapat pembahasan mengenai 5P yang bisa digunakan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya dalam hal memasarkan bisnis.

Baca juga :  Pusat Layanan UMKM Akan Dibangun di Batam

Pertama, Product (Produk)

Bersikaplah spesifik atas apa atribut fisik produk atau detail layanan yang diberikan. Jelaskan fitur produk dan layanan serta bagaimana fitur tersebut secara khusus menguntungkan pasar yang dituju.

Penting juga untuk mengidentifikasi bagaimana produk atau layanan yang disediakan berbeda dari apa yang ditawarkan pesaing lain. Memahami bagaimana produk memecahkan masalah pasar dengan cara yang berbeda dari pesaing sangatlah penting.

Kedua, Price (Harga)

Hitung berapa biaya yang dikenakan untuk produk atau layanan yang disediakan. Jumlah tersebut harus cukup untuk menutupi pengeluaran dan menghasilkan keuntungan. Itu juga harus sesuai dengan apa yang bersedia dibayar pasar. Lakukan riset untuk mencari tahu apa yang dikenakan pesaing di pasaran dan cari tahu cara menyesuaikan diri pada spektrum itu.

Baca juga :  Vaksinasi Siswa di Batam Sudah Dimulai, Ditargetkan 10 Hari Selesai

Ketiga, Place (Tempat)

Pada strategi ini, berilah informasi mengenai di mana produk dan layanan dijual serta bagaimana produk dan layanan didistribusikan. Setelah itu, pikirkan bagaimana cara menyampaikannya kepada pelanggan dan klien.

Misal, apakah barang digital tersebut dijual secara online dan dikirim melalui sistem autoresponder atau menggunakan pihak ketiga. Kuncinya adalah menjangkau calon pelanggan di mana mereka suka menghabiskan waktu.

Keempat, Promotion (Promosi)

Untuk melakukan ini, pemahaman soal pasar harus dimiliki. Hal itu termasuk di mana pasar dapat ditemukan dan bagaimana cara membuat pesan pemasaran yang akan ditanggapi. Menunjukkan bagaimana produk akan memecahkan masalah pasar adalah titik awal yang baik.

Baca juga :  Batam Menari Diusulkan jadi Agenda Pariwisata Nasional

Kelima, People (Orang)

Orang dan layanan yang digunakan dalam bisnis dapat mempengaruhi kesuksesan usaha yang dijalankan. Jika staf penjualan atau asisten virtual tidak sopan, pelanggan dan klien akan menghilang.

Pelanggan memiliki pilihan untuk berbisnis dengan siapa dan mereka lebih suka perusahaan yang menyediakan sistem yang mudah digunakan, menawarkan layanan pelanggan bila diperlukan, dan perhatian serta responsif terhadap kebutuhan mereka. Pelanggan yang senang akan menjadi pelanggan tetap dan akan merujuk bisnis baru. *

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed