by

Mau Tahu Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan? Salah Satunya untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Ketumbar adalah rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penyedap masakan. Daun, batang, dan bijinya mempunyai aroma yang khas.

Hampir semua masakan Indonesia menggunakan biji ketumbar sebagai penyedap rasa. Ternyata, ketumbar tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak. Tapi, bisa digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai masalah kesehatan.

Dikutip dari Organic Facts, Senin (3/1/2022), daun ketumbar mengandung serat, kalsium, mangan, magnesium, vitamin, dan zat besi. Pada biji ketumbar, terdapat fitonutrien dan kandungan nutrisi lain yang mirip dengan daunnya.

Apa saja manfaat kesehatan yang diperoleh dari ramuan ketumbar?

Baca juga :  Sosialisasi Whistleblowing System dan Pemahaman Gratifikasi Pada BP Batam

Pertama, Mengurangi peradangan kulit
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the German Society of Dermatology menunjukkan bahwa minyak ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini bisa dikatakan bahwa ketumbar dapat mengurangi masalah peradangan kulit.

Kedua, Meringankan penyakit kulit
Ketumbar mempunyai sifat desinfektan, detoksifikasi, antiseptik, antijamur dan antioksidan. Sifat tersebut terbukti mampu membasmi penyakit kulit seperti eksim, infeksi jamur dan kulit kering.

Ketiga, Menurunkan kadar kolesterol
Biji ketumbar mengandung asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat atau vitamin C.

Baca juga :  BP Batam Siapkan Sejumlah Aset untuk Mendukung Penanganan Covid-19

Menurut The Journal of Environmental Biology, senyawa ini disebut efektif mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, ramuan herbal dari biji ketumbar dinilai mampu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Keempat, Bisa mengatur tekanan darah
Penderita dengan tekanan darah tinggi juga dapat ikut berpuasa, selama tidak memiliki komplikasi serius, tentu saja tetap minum rutin obat-obatan.

Sebuah penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology mengatakan bahwa ketumbar bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa mengurangi masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Baca juga :  Reklame Tidak Berizin Ditertibkan

Kelima, Menyembuhkan diare
Minyak ketumbar diketahui mengandung borneol dan linalool yang bisa membantu masalah pencernaan serta memperbaiki fungsi hati.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Ethnobotanical Leaflet, minyak ketumbar bermanfaat dalam menyembuhkan diare. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa mual, muntah, dan masalah perut lainnya.

Keenam, Meningkatkan kesehatan tulang
Ketumbar kaya akan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kalsium dan mineral penting lainnya yang ada dalam ketumbar bisa membantu meningkatkan daya tahan, pertumbuhan tulang kembali, serta melindungi dari osteoporosis. *

(sumber: liputan6.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed