by

McDermott Batam Masih Beroperasi dan Terus Berkembang

Batam (netrakepri.com) – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi secara khusus bertemu dengan jajaran manajemen PT McDermott Indonesia (PTMI) dan Qatar Gas pada, Rabu (29/1/2020) siang di PT McDermott Indonesia, Batu Ampar, Batam. Pertemuan ini dilakukan BP Batam untuk bersilaturahim sekaligus mengklarifikasi isu pailit PTMI yang menjadi perbincangan hangat di masyarakat, serta meninjau proyek yang sedang berlangsung.

Kunjungan ini juga sebagai bentuk komitmen BP Batam dalam mendukung peningkatan investasi di Batam. Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan agar PTMI langsung menghubungi BP Batam sebagai langkah pertama apabila mengalami kendala.

“Dalam melaksanakan kegiatan (investasi) apa pun di Kota Batam jika ditemui kendala, langsung menghubungi saya atau Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam, Bapak Sudirman Saad yang menangani investasi. Kami akan tangani langsung,” kata Rudi.

Baca juga :  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kantor Perwakilan BP Batam Jakarta Lakukan Tes Swab bagi Karyawannya

Rudi mengimbau kepada seluruh karyawan PTMI untuk tidak mengkhawatirkan isu tersebut karena dalam empat bulan ke depan permasalahan restrukturisasi keuangan PTMI akan diselesaikan.

Senior Director of Batam Fabrication PTMI Stephen Thibodeaux, dalam pertemuan dengan Kepala BP Batam mengatakan, saat ini restrukturisasi keuangan PTMI sedang dalam proses penyelesaian melalui Chapter 11 Undang-Undang Amerika (Chapter 11 of Federal Bankruptcy Law).

“PT McDermott Indonesia memastikan tidak terjadi pailit pada perusahaan. Kami hanya merestrukturisasi keuangan perusahaan. Semua proyek serta operasi pelanggannya akan terus berjalan tanpa hambatan selama restrukturisasi. Perusahaan akan tetap membayar upah karyawan, tunjangan kesehatan dan kesejahteraan, serta semua pemasok akan dibayar penuh selama restrukturisasi. Tidak ada masalah,” tegas Stephen.

Stephen melanjutkan, tidak akan ada perubahan berskala masif yang terjadi selama masa restrukturisasi dan proyek akan tetap berjalan seperti biasa. Pihaknya telah menargetkan selama empat bulan ke depan permasalahan finansial ini dapat teratasi dan kinerja PTMI kembali prima secara menyeluruh.

Baca juga :  Planet Holiday Hotel Batam Luncurkan Catch-Snap-Stay

Meski pada awal tahun 2018 PTMI sempat mengalami degradasi menjadi 300 pegawai, namun dengan masuknya 8 proyek dari Qatar Gas, PTMI mampu mendongkrak karyawan hingga 6.100 karyawan dan akan meningkat menjadi 8.000 pegawai. “Para pegawai tersebut didominasi oleh tenaga kerja yang berdomisili di Batam dan sebagian kecil lainnya merupakan tenaga kerja ahli yang berasal dari beberapa daerah lainnya di Indonesia,” kata Stephen.

NFE Offshore Senior Project Manager Qatar Gas Robert Faulds mengatakan, proses pengerjaan delapan proyek tersebut diketahui akan berlangsung sampai dengan 2022.

“Namun, kami (Qatar Gas) mengharapkan kerja sama jangka panjang dengan PTMI akan terus berlangsung hingga 2025,” ungkap Robert.

Baca juga :  Gubernur Kepri Dukung Pusat Benahi Pelabuhan Batuampar

Sementara itu, Direktur Pelayanan Lalu Lintas dan Penanaman Modal, Andiantono, mengungkapkan, dalam mendukung kelancaran operasi PTMI, BP Batam bertekad akan menjaga kondusifitas berusaha di Batam.

“Kita akan meningkatkan kelancaran lalu lintas barang sesuai arahan Kepala BP Batam, dari 4 hari pelayanan menjadi lebih singkat lagi, sehingga arus lalu lintas barang sebagai bahan baku dan bahan pendukung industri di Batam bisa semakin lancar. Dengan demikian, waktu delivery product ke konsumen akan tepat waktu atau lebih cepat,” ucap Andiantono.

“Dalam pertemuan tersebut, pihak Qatas Petrolium menyampaikan kepuasan atas kinerja PTMI dan berniat semakin memperbanyak pesanan kesini. Tentunya kita semua harus mendukung tujuan tersebut, sehingga akan semakin banyak perusahaan yang tertarik memesan produknya disini dan dampaknya akan sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi serta lapangan kerja di Batam,” pungkasnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed