by

Nyeri Lutut Dapat Diatasi dengan Berbagai Langkah

Batam (netrakepri.com) – Para manula kerap mengalami nyeri lutut (osteoartritis). Soalnya, faktor usia menjadi salah satu penyebab terjadinya nyeri tersebut.

dr. Faisyal Reza, SpPD, yang dijumpai disela-sela acara Bincang Sehat yang digelar oleh Hang FM, pada, Jumat (21/2/2020) mengatakan, nyeri sendi atau nyeri lutut merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total.

“Kenapa? Ini karena faktor usia. Namun, nyeri lutut itu dapat diminimalkan dengan cara meningkatkan kualitas hidup,” ucap dr Faisyal.

Dengan meningkatkan kualitas hidup, ucapnya, para manula bisa terus melaksanakan aktifitasnya.

Dia mengungkapkan, banyak faktor yang menyebabkan nyeri lutut, salah satunya adalah berat badan yang dinilai berlebihan.

“Jika ini terjadi, maka berat badan hendaknya diturunkan. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, atau mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter,” jelasnya.

Bagi manula, paparnya lagi, nyeri lutut akan bisa kembali muncul. “Bisa karena faktor tidak berolahraga, tidak minum obat, atau tidak mengikuti anjuran dokter,” ujarnya melanjutkan.

Karena itu, kata dr Faisyal, para manula hendaknya selalu meningkatkan kualitas hidupnya.

“Dengan meningkatkan kualitas hidup, maka nyeri sendi dapat dikurangi bahkan bisa bebas dari nyeri lutut. Yang pasti olahraga ringan jangan lupa dan kurangi berat badan jika memang tergolong berlebihan,” pungkasnya. (alan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed