by

“Nyuluh” Dilombakan dalam Funtouristic Festival Natuna 2019

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, membuka Funtouristic Festival Natuna 2019 pada, Sabtu (27/7/2019). Salah satu yang dilombakan dalam kegiatan itu adalah tradisi “nyuluh” atau mencari ikan di pinggir pantai.

Nyuluh atau berkarang merupakan tradisi masyarakat Natuna mencari ikan dipinggiran pantai pada malam hari. Selain nyuluh juga ditampilkan berbagai kegiatan lainnya diantaranya layang-layang internasional dan layang-layang tradisional, lomba kicau burung, bazar pelajar, lomba band, lolidrop anak-anak, lomba gasing tradisional, pentas seni SMA, lomba lagu Melayu, lomba melukis, serta workshop mengenai layang-layang tradisional.

“Ini salah satu langkah dalam mendukung program pemerintah atas percepatan pembangunan Natuna pada sektor pariwisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Natuna, Hardinansyah.

Ia mengatakan, pariwisata Natuna telah dicanangkan oleh Presiden RI dalam 5 Pilar Percepatan Pembangunan Natuna. Natuna juga telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional, selanjutnya akan dipromosikan menjadi Geopark Dunia.

“Dengan itu Natuna akan menjadi pintu masuk pariwisata nasional di masa mendatang,” ungkapnya Hardinansyah yang juga ketua panitia pelaksana.

Dalam acara pembukaan tersebut, juga ditampilkan video sejarah singkat berdirinya kota Ranai 148 tahun lalu. Dilanjutkan syukuran dengan cara tepuk tepung tawar.

Dipimpin oleh Ketua LAM Kabupaten Natuna, Wan Zawali, diikuti pula oleh Wakil Bupati, OPD dan FKPD, serta tokoh masyarakat lainnya.

Disela malam pembukaan tersebut, diberikan pula penghargaan kepada penggiat pariwisata, para sponsor serta penggiat budaya, di antaranya adalah, Bank Riau Kepri, BNI 46, Jabarudin Yahya dan Abdul Razak. penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua ll DPRD Natuna, Daeng Amhar.

Sementara penghargaan bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) diberikan kepada Kelompok Aiba Desa Mekar Jaya, Pokdarwis Batu Kasah Desa Cemaga, dan Genpi Natuna yang diserahkan oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti.

“Dengan banyaknya iven, target pemerintah akan berimbas pada meningkatnya perekonomian masyarakat,” kata Wakil Bupati.

Ngesti menjelaskan, sebelumnya kegiatan serupa pernah dilakukan dengan nama Expo Natuna untuk mengenalkan Natuna pada dunia.

“Kegiatan seperti ini dapat menghibur masyarakat, Funtouristic sudah 2 kali dilakukan, kita harapkan semakin banyaknya iven dapat pula meningkatnya PAD Natuna,” ujarnya.

Ia menegaskan, kegiatan seperti ini harus selalu dievaluasi, memilah kegiatan yang perlu diadakan dan tidak perlu diselenggarakan.

“Setidaknya dengan ini ada investasi masuk ke Natuna, baik sektor pariwisata maupun perikanan,” pintanya.

Ia juga meminta kepada Dinas Pariwisata menyiapkan data lokasi wisata yang menarik, terutama pariwisata bahari.

“Begitu juga dengan lokasi geopark, agar disosialisasikan kepada masyarakat, jadikan spot unggulan Natuna yang dikelola dengan baik,” pintanya. *

(sumber: antarakepri.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed