by

Olimpiade Tokyo 2020: Ini Daftar Atlet Indonesia

Sebanyak 28 plus satu atlet dipastikan lolos untuk tampil mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli-8 Agustus mendatang. Jumlah itu sudah dikunci dan tidak bakal bertambah seiring penutupan kualifikasi Olimpiade pada awal Juli ini.

Atlet yang akan berangkat terdiri dari 17 atlet putra dan 12 putri yang lolos berasal dari tujuh cabang olahraga, yakni atletik, bulutangkis, menembak, surfing, renang dan angkat besi.

Atletik meloloskan Lalu Muhammad Zohri yang turun di nomor paling bergengsi 100 meter putra. Lalu Zohri lolos ke Olimpiade setelah finis ketiga dengan catatan waktu 10,03 detik di Golden Grand Prix Osaka, Jepang Mei 2019.

Selain Lalu Zohri, atletik juga mengirim Alvin Tehupejory melalui jalur wildcard untuk mengisi Universality Quota. Alvin merupakan pemegang rekor nasional lari 200 meter yang ia bukukan pada 2019.

Dari cabang olahraga bulutangkis dipastikan telah meloloskan 7 wakil dari 5 nomor cabang. Cabor panahan juga dipastikan mengirimkan empat wakil ke Tokyo 2020 dari nomor recurve perorangan putra dan putri.

Baca juga :  Sambut Imlek, Edukits Batam Gelar promo Chinese New Year diskon 50 Persen

Dari cabor menembak, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba yang turun di nomor 10 meter air riffle putri dipastikan bakal mewakili Indonesia di ajang multievent olahraga terbesar di dunia.

Sementara itu dari cabang olahraga dayung, Indonesia juga akan mengirimkan wakil di Olimpiade 2020 dari nomor lightweight women’s double sculls (LW2x) atas nama Mutiara Rahma Putri/Melani Putri. Keduanya lolos usai meraih peringkat empat di kejuaraan kualifikasi di Tokyo yang berlangsung 7 Mei lalu.

Dari cabang olahraga selancar, Indonesia juga untuk pertama kalinya bakal mengirimkan wakil ke Olimpiade Tokyo 2020 melalui atlet asal Bali, Rio Waida. Kepastian Rio Waida ke Olimpiade disampaikan langsung Asosiasi Selancar Internasional (ISA) pada Minggu (6/6).

“Selain Rio, I Ketut Agus Aditya Putra juga akan diberangkatkan karena hasil dari El Salvador membuat dia berada sebagai alternate di lima nomor. Apabila terjadi hal-hal yang membuat pemain di lima nomor yang sudah ada tidak bisa tampil seperti karena sakit atau cedera, Ketut akan menajdi alternatif pengganti,” ucap Sekjen KOI Ferry Kono.

Baca juga :  Cipta Sky Park, Apartemen Bergengsi di Batam Centre

I Ketut Agus menjadi plus satu dari 28 atlet Indonesia yang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Meski menjadi cadangan, tapi nama peselancar asal Bali itu resmi terdaftar di Olimpiade berdasarkan keterangan ISA.

Cabor angkat besi berhasil meloloskan lima lifter: Eko Yuli Irawan, Windy Cantika Aisah, Deni, Rahmad Erwin Abdullah, dan Nurul Akmal.

Dari cabang renang, Aflah Fadlan Prawira (putra) dan Azzahra Permatahani (putri) menjadi wakil Indonesia di Olimpiade 2020. Keduanya mengambil jatah wildcard yang diberikan FINA (Federasi Renang Internasional).

Menyoal target, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto berharap raihan para atlet yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 minimal bisa sama dengan raihan di Olimpaide 2016 Rio de Janeiro.

“Minimal sama dengan di Rio de Janeiro, satu medali emas jangan berkurang. Masa hasil dari Asian Games 2018 tidak berdampak positif pada hasil di Olimpiade. Kendala pandemi juga tidak boleh jadi alasan karena semua negara ikut terdampak,” ujar Gatot.

Baca juga :  Awas! Sifat Perfeksionis Bisa Berdampak Buruk pada Karier Bisnis

Daftar Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Bulutangkis
Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie
Tunggal Putri: Gregoria Mariska TunjungGanda Putri: Greysia Polii/Apriyani RahayuGanda Putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Atletik
Lalu Muhammad Zohri (100 m putra)
Alvin Tehupeiory (100 m putri – wildcard)

Panahan
Riau Ega Salsabila (Recurve perorangan/beregu putra)
Arif Dwi Pangestu (Recurve perorangan/beregu putra)
Bagas Prastyadi (Recurve perorangan/beregu putra)
Diananda Chairunisa (Recurve putri)

Menembak
Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (10m air rifle)

Rowing
Mutiara Rahma Putri (Lightweight Women Double)
Melani Putri (Lightweight Women Double)

Surfing
Rio Waida (man shortboard)
I Ketut Agus Aditya Putra (cadangan)

Angkat Besi
Eko Yuli Irawan (61 kg putra)
Deni (67kg putra)
Rahmat Erwin Abdullah (73kg putra)
Windy Cantika (49kg putri)
Nurul Akmal ( 87kg putri)

Renang
Aflah Fadlan Prawira (400 meter gaya bebas putra)
Azzahra Permatahani (200 meter gaya ganti putri)

(sumber: cnnindonesia.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed