by

Pada Hari Sumpah Pemuda Diharapkan Timnas U-19 Ukir Sejarah

Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018 mendatang diharapkan menjadi momen bersejarah bagi Timnas U-19. Sebab, pada hari itu, anak-anak asuhan Indra Sjafri akan berhadapan dengan Timnas U-19 Jepang dalam memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Polandia tahun depan.

Diketahui, Indonesia memetik kemenangan 1-0 atas Uni Emirat Arab di laga penentuan Grup A Piala Asia U-19 2018. Witan Sulaiman menjadi penentu kemenangan Garuda Muda. Dengan tambahan tiga poin, Indonesia finis sebagai runner-up dan akan berhadapan dengan Jepang di babak delapan besar. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10/2018) malam WIB.

Egy Maulana Virkri cs diharapkan bisa mengukir sejarah dengan cara yang lain yakni membawa Garuda Muda lolos ke Piala Dunia U-20 untuk pertama kalinya. Kini waktu tepat bagi timnas U-19 untuk menjadikan mimpi berlaga di pesta sepakbola sejagad menjadi nyata.

Impian untuk merasakan Piala Dunia menjadi sebuah dorongan atas keberhasilan Indonesia mengalahkan UEA.

“Di dalam hati, semua pemain ingat apa kata pelatih. Kami harus lolos Piala Dunia,” kata Witan Sulaeman, pemain yang mencetak gol saat berhadapan dengan UEA. .

Garuda Muda menegaskan tak merasa gentar berhadapan dengan Samurai Biru. Diakui, Jepang bukanlah lawan mudah untuk Indonesia. Pasalnya, Jepang merupakan juara Piala Asia U-19 2016, dan kembali diunggulkan untuk menjuarai turnamen tahun ini.

“Kami tidak takut lawan siapapun. Kami tidak takut karena sejauh ini sudah berjuang mati-matian dan buat bangga Indonesia. Kami harus ke Piala Dunia,” ucap Bek timnas U-19, Firza Andika.

Sementara itu, Indra Sjafri berharap performa pemainnya terus meningkat demi mewujudkan impian lolos ke Piala Dunia U-20 2019.

“Saya maunya peak performa nanti di perempatfinal. Makanya, kami mempersiapkan diri melawan Yordania, Arab Saudi, Thailand. Pada 28 Oktober malam, kami akan ketemu di sini lagi. Mudah-mudahan kami bisa wujudkan cita-cita bangsa,” katanya.

Setelah 40 Tahun

Keberhasilan Indonesia melaju ke perempatfinal Piala Asia U-19 membuat tim asuhan Indra Sjafri mengulangi capaian 40 tahun silam. Terakhir kali babak 8 besar dijejak Timnas U-19 ketika tampil di Piala Asia U-19 1978.

Ketika itu, Indonesia lolos ke perempatfinal setelah menjadi runner up Grup B dengan empat poin, di bawah Irak. Namun di perempatfinal, langkah Indonesia terhenti usai dibungkam Korea Utara 0-2.

Sejak saat itu, Indonesia selalu kesulitan melangkah lebih jauh dengan langkahnya selalu terhenti di fase grup. Jika ditotal, Indonesia kini sudah melaju ke perempatfinal sembilan kali.***

(sumber: detiksport.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed