by

Para Pelatih Top Eropa Inginkan Perubahan Aturan Gol Tandang

Para pelatih top Eropa menjalani pertemuan tahunan dengan UEFA dan menyatakan pandangan terkait sejumlah hal. Salah satu yang disoroti adalah aturan gol tandang.

Sejumlah pelatih top hadir dalam Forum Pelatih-Pelatih Klub Elite UEFA di Nyon, Selasa (4/9/2018) waktu setempat, antara lain Jose Mourinho, Massimiliano Allegri, Carlo Ancelotti, Unai Emery, Julen Lopetegui, Thomas Tuchel, dan Arsene Wenger.

Dalam kesempatan ini, para pelatih tersebut bertukar pikiran dengan UEFA. Para pelatih ingin aturan itu ditinjau kembali apakah masih relevan untuk dipakai di era sekarang ini. Pada era ini, aturan itu cenderung membuat tuan rumah bermain pasif demi menghindari gol lawan.

Aturan gol tandang sendiri diperkenalkan pertama kali di Piala Winners pada 1965 silam. Aturan ini diterapkan sebagai alternatif untuk undian koin atau menggelar laga replay di tempat netral, karena melakukan perjalanan ke luar negeri lebih menantang saat itu.

“Para pelatih berpikir bahwa mencetak gol tandang tak sesulit dulu lagi. Mereka berpikir bahwa aturan ini harus ditinjau kembali dan itulah yang akan kami lakukan,” ujar Sekretaris Jenderal UEFA Giorgio Marchetti dilansir BBC.

Selain soal gol tandang, para pelatih top ini juga ingin bursa transfer diseragamkan waktunya khususnya pada penutupan. Mereka ingin bursa transfer berakhir sebelum kompetisi dimulai, seperti Inggris dan Italia mulai musim ini.

“Para pelatih berpendapat bahwa seharusnya ada jendela transfer yang terpadu dan jendela transfer harus tutup sebelum kompetisi dimulai. Idenya tentu untuk mencoba menyatukan mereka,” tandas Marchetti. (dc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed