by

Pelabuhan Sekupang Dilengkapi Layanan GeNose

Saat ini, Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Kota Batam sudah dilengkapi fasilitas kesehatan pendukung, berupa alat pendeteksi Covid-19, GeNose.

Alat GeNose itu itu dipasang di pintu masuk pelabuhan. Ada beberapa petugas yang disiagakan memeriksa penumpang yang akan menggunakan fasilitas tersebut.

Genose sendiri menggunakan alat pendeteksi virus corona berbasis embusan nafas yang sebelumnya telah dipasang di Bandara Hang Batam Batam.

Baca juga :  Suez Canal jadi Inspirasi BP Batam

Bagi penumpang yang datang wajib memiliki kartu kewaspadaan atau Health Alert Card atau lebih dikenal e-HAC.

Kartu tersebut bisa diunduh melalui aplikasi electronic Health Alert Card (eHac) di Google atau Apple Store serta dapat diakses melalui inahac.kemkes.go.id.

“Wajib bagi seluruh penumpang yang datang mengisi e-HAC ini,” ucap Kepala Pengelola Pelabuhan Domestik Sekupang, Sohirnadi, dilansir media online di Batam.

Baca juga :  OSS Kembali Gaet Perusahaan Baru Shandong Weima Pumps Manufacturing Co, Ltd

Disampaikannya, E-Hac merupakan Kartu Kewaspadaan Kesehatan versi modern dari Kartu manual yang sebelumnya digunakan.

Setiap penumpang yang datang akan diperiksa melalui aplikasi ini. Alamat mereka di Batam, daerah asal serta apakah memiliki penyakit atau gejala penyakit bawaan. Hal itu sudah dijalankan sejak awal pandemi.

Sementara, bagi penumpang yang akan berangkat, jelasnya, wajib memiliki surat rapid tes antigen atau swab bagi mereka yang akan berlayar keluar Provinsi.

Baca juga :  Mengenal Mak Yong, Seni Teater Tradisional Melayu

“Kalau untuk dalam Provinsi melampirkan surat kesehatan dari klinik atau rumah sakit,” imbuhnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed