by

Pemko Batam Ajukan Kelola Pulau Putri

Batam (netrakepri.com) – Pemerintah Kota Batam mengajukan hak pengelolaan Pantai Nongsa dan Pulau Putri agar bisa dijadikan sebagai kawasan wisata.

“Saya sudah mengajukan pantai ini dijadikan milik Pemko Batam kepada Gubernur Kepri,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Pulau Putri adalah satu dari empat pulau terluar NKRI yang terdapat di Batam yang berhadapan langsung dengan Singapura.

Baca juga :  Sambut HUT RI ke-75, Disperindag Batam Gelar Lomba Hias Ruangan

Selama ini, Pulau Putri dan Pantai Nongsa yang berlokasi di seberang pulau tersebut dikelola oleh masyarakat, namun belum maksimal.

Wali Kota menyatakan, bila pengelolaan Pulau Putri dan Pantai Nongsa diserahkan kepada pihaknya, maka pemerintah akan mempercantik dengan menimbun sebagian pantai dengan pasir.

Saat ini, Pulau Putri sudah memiliki pelabuhan yang dibangun oleh pemerintah. Pulau itu juga sudah relatif terlindungi dari ancaman abrasi, karena pemerintah pusat membangun pemecah gelombang di sana.

Baca juga :  BP Batam dan Pelaku Usaha Bahas Dampak Virus Corona

Nantinya, Pemko Batam juga akan menyiapkan kapal-kapal bagi pelancong yang ingin menyeberang ke Pulau Putri dengan nyaman.

“Kapalnya dihias, bukan kapal seperti sekarang,” kata dia dilansir antarakepri.com, Sabtu (15/12).

Pemko Batam juga akan membentuk Badan Layanan Umum di bawah Dinas Pariwisata untuk mengelola pulau berpasir putih itu. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed