by

Perbankan Diminta Jaga Ketersediaan Uang di ATM

Batam (netrakepri.com) – Kantor Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, meminta perbankan untuk menjaga ketersediaan uang tunai di seluruh Anjungan Tunai Mandiri (ATM), saat Ramadhan hingga Idul Fitri demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dia berharap tidak ada masyarakat yang kesulitan mendapatkan uang tunai saat menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri.

“Perbankan diminta untuk tetap mengoptimalkan pengelolaan uang dan menjaga ketersediaan uang tunai di seluruh ATM khususnya menjelang Ramadhan dan Idul Fitri,” kata dia.

Dalam pengelolaan ATM, BI juga mengimbau perbankan melihat kembali preferensi masyarakat terhadap pecahan Rp50.000 terutama dan preferensi terhadap uang pecahan kecil.

Dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri, Gusti Raizal juga berharap perbankan membuka layanan penukaran uang pecahan kecil di pusat keramaian maupun di kantor bank.

Menurut dia, semakin banyak layanan penukaran uang pecahan kecil yang dibutuhkan masyarakat, maka akan mampu menghindari potensi munculnya penukaran uang ilegal, begitu juga risiko peredaran uang palsu.

Terkait menekan peredaran uang palsu, BI juga meminta perbankan gencar mengampanyekan ciri keaslian uang Rupiah berdasarkan 3D yakni Dilihat, Diraba, Diterawang.

“Juga cara memperlakukan uang berdasarkan 5 Jangan, yaitu jangan dicoret, jangan disetepler, jangan diremas, jangan dibasahi dan jangan dilipat,” kata dia seperti dilansir antarakepri, Jumat (25/5/2018).

Dalam kesempatan itu, Gusti juga mengingatkan perbankan untuk melakukan asesmen terhadap kebutuhan masyarakat akan uang tunai, terutama sejak gencarnya Gerakan Nasional Non Tunai.

“Perbankan agar mendorong penggunaan instrumen pembayaran non tunai dan ekosistem non tunai,” kata dia. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed