by

Piknik ke Batam? Ini Oleh-oleh Khas yang Bisa Dibawa Pulang

Batam merupakan salah satu kota destinasi wisata. Sebab itu, kota ini memiliki banyak oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang saat berwisata ke Batam.

Apa saja oleh-oleh khas tersebut?

Pertama, Gong-gong
Gong-gong merupakan nama dari makhluk hidup atau biota laut yang hidup di Kepri. Sekilas bentuknya menyerupai keong, dan merupakan jenis siput laut dengan ukuran sedang dan panjang sekitar 7 cm.

Ada 4 jenis Gong-gong yang biasa dikonsumsi yaitu, Gong-gong ayam, Gong-gong putih cangkang tipis, gong-gong putih cangkang tebal, dan gong-gong merah cangkang tebal.

Cara mengolah Gong-gong yakni hanya dengan cara merebusnya. Tekstur dagingnya kenyal, namun kakinya disarankan untuk tidak dimakan karena cukup tajam dan bergerigi khawatir akan melukai mulut Anda.

Kedua, Bingka Bakar
Bingka Bakar ini merupakan sajian kue khas suku Melayu ini memiliki tekstur padat, namun lembut di dalamnya. Kue ini cukup harum karena berasal dari daun pandan.

Camilan ini memiliki beberapa varian rasa, Bingka Bakar pandan adalah versi originalnya sedangkan ada pula Bingka Bakar rasa cokelat, Bingka Bakar jagung, Bingka Bakar wijen, Bingka Bakar keju dan Bingka Bakar buah naga yang menjadi varian rasa buahnya.

Ketiga, Stik Buah Naga
Kawasan Rempang Galang, Kota Batam terkenal sebagai produsen buah naga di Provinsi Kepri. Hasil panen buah naga dari perkebunan itu diolah menjadi beragam jenis panganan, salah satunya yaitu Stik Buah Naga.

Baca juga :  Pemanah BIFZA ASC Raih 8 Medali di Johor Malaysia

Rasa buah naga yang dominan serta gurih membuatnya digemari masyarakat maupun wisatawan.

Keempat, Bilis Molen
Bilis Molen adalah jenis kue yang sering dijadikan sebagai snack atau camilan yang berbahan dasar Ikan Bilis. Ikan Bilis sendiri merupakan jenis ikan air laut yang berwarna abu-abu kehijauan dan ukurannya kecil seperti teri jengki.

Lima, Kek Pisang Villa
Kue berbahan pisang khas Batam ini dinamakan Kek Pisang Villa yang merupakan pelafalan dari Cake Pisang Villa. Terbuat dari adonan bercampur pisang ini menghasilkan tekstur kue yang lembut dengan rasa pisang yang legit dan khas.

Enam, Luti Gendang
Luti Gendang merupakan roti khas Batam yang berbentuk oval atau lonjong memanjang. Memiliki tekstur luar roti yang renyah dan lembut di bagian dalamnya serta isinya terasa gurih.

Luti sendiri dalam bahasa Melayu berarti roti, berbahan dasar tepung berisikan abon ayam atau abon ikan tuna yang telah dicampur dan dibumbui dengan.

Tujuh, Keripik Kari
Camilan ini bisa dikonsumsi secara langsung atau di santap dengan tambahan nasi dengan sayur berkuah. Rasanya gurih dan cocok sebagai makanan pendamping ataupun camilan. Keripik kari menggunakan resep dan rempah khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang tidak bisa Anda temukan di kota lainnya.

Baca juga :  Pasar Atas Bukittinggi Dilalap Si Jago Merah

Delapan, Teh Bunga Rosella
Bahan dasarnya terbuat dari bunga rosella yang harum dan sudah dikeringkan. Walaupun bisa Anda temukan di daerah lain, namun rosella dari Batam memiliki rasa yang khas, dengan warna merah yang memikat.

Sembilan, Layer Cake
Layer cake merupakan nama lain dari kue lapis, jajanan tradisional yang bisa Anda temukan di berbagai sudut kota Batam. Meskipun Anda dapat menemukan berbagai jenis kue lapis di beberapa kota di Indonesia, namun kue lapis khas Batam ini memilik varian rasa yang jauh lebih banyak seperti nanas, cinnamon, pandan, coklat, moka, hingga keju.

Sepuluh, Kek Buah Naga
Setelah mencicipi stik buah naga, kali ini Anda bisa mencoba kek (cake) buah naga. Dilihat dari warnanya saja sudah menggugah selera. Buah naga yang digunakan untuk membuat kue merupakan buah naga khas Batam yang dibawa langsung dari kota Balerang. Sehingga kesegaran dan cita rasa buahnya tetap terjaga. Perpaduan kue bolu, diberi karamel, potongan buah dan selai naga akan memberikan sensasi tersendiri saat mengunyahnya.

Baca juga :  OJK Bakal Uji 34 Fintech Baru pada Bulan Depan

Sebelas, Kue Batang Buruk
Kue batang buruk merupakan jenis kue kering yang bisa dijadikan oleh-oleh khas kota Batam. Meskipun namanya cukup aneh, namun rasanya tidak seburuk yang dibayangkan. Teksturnya renyah dan rasanya manis, cocok untuk dijadikan tenai minum teh atau kopi. Kue batang buruk ini termasuk jajanan tradisional khas Batam, harganya juga cukup terjangkau lho.

Dua belas, Otak-otak khas Batam
Batam juga punya otak-otak yang jadi kuliner khasnya. Makanan ini biasa dijajakan di pinggir jalan, dan harganya relatif terjangkau. Otak-otak khas Batam memiliki beberapa varian bahan dasar pembuatnya, seperti otak-otak ikan, otak cumi-cumi, maupun otak-otak campuran ikan dan cumi-cumi.

Otak-otak khas Batam biasanya diolah dengan cara dipanggang atau digoreng, selain itu ada yang menggunakan bumbu kacang atau sesuai dengan selera.

Tiga belas, Brownies Lava
Brownies ini memiliki beberapa varian, seperti kacang, blackforest dan cheesecake. Brownies lava ini akan memunculkan lelehan cokelat yang lezat.

Empat belas, Rocklate
Makanan ini terbuat dari bahan cokelat dengan tambahan cita rasa yang beragam. Kue ini memiliki tekstur yang unik berpat paduan coklat dan marshmallow.

Lima belas, Kek Durian
Durian dijadikan bahan utama cake yang lembut dan memanjakan lidah setiap penikmatnya.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed