by

PTSP BP Batam Masuk 10 Besar Terbaik pada BKPM Investment Award 2018

JAKARTA (netrakepri.com) – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam Kota Batam terpilih sebagai salah satu dari 10 nominee instansi penyelenggara PTSP-PM Kabupaten/Kota terbaik Tahun 2018. Hal ini diperoleh setelah sebelumnya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI melakukan survey dan kualifikasi terhadap 565 instansi penyelenggara pelayanan satu pintu penanaman modal (PTSP-MP) Provinsi, Kabupaten dan Kota, Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) 2018.

Setelah melalui rangkaian tahapan self assessment dan survey index kepuasan (IKM), pengumpulan data, survei ke lapangan, verifikasi dan validasi, terpilih 40 nominee Penyelenggara PTSP-PM terbaik 2018 yang terdiri dari 10 nominee Penyelenggara PTSP-PM Provinsi, 20 Penyelenggara PTSP-PM Kabupaten dan 10 Nominee Penyelenggara PTSP-PM Kota/KEK/KPBPB, dimana salah satunya adalah PTSP Badan Pengusahaan Batam diundang oleh BKPM RI untuk melakukan Pemaparan dan Presentasi Pelaksanaan Pelayanan PTSP di bidang Penanaman Modal Tahun 2018 secara langsung di hadapan Tim Penilai/Juri yang berasal dari berbagai Kementerian/Lembaga di Jakarta. Acara diselenggarakan dari 21 s.d. 24 Mei 2018 di Hotel JS Luwansa, Rasuna Said Jakarta.

Penilaian yang dilakukan meliputi aspek antara lain, Aspek Materi (60%), Aspek Kemampuan Interaktif (20%) dan Penguasaan Materi Paparan (20%). Selain itu juga dipaparkan keunggulan dari aspek kelembagaan, aspek Sumber Daya Manusia, aspek Sarana Dan Prasarana serta langkah startegis yang akan dilakukan daalam peningkatan penyelenggaraan PTSP.

Berdasarkan hasil penilaian atas Pemaparan dan Presentasi Pelaksanaan Pelayanan PTSP di bidang Penanaman Modal tersebut, Badan Pengusahaan Batam berharap terpilih masuk dalam lima besar nominee instansi penyelenggara PTSP-PM Kota/KEK/KPBPB terbaik 2018. Selanjutnya Tim Penilai/Juri akan melakukan peninjauan secara langsung ke BPPTPM Badan Pengusahaan Batam dalam waktu dekat.

”Sesuai dengan undangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI yang kita terima, kita diminta untuk melakukan presentasi tentang PTSP yang kita jalankan sehari-hari,” ujar Direktur PTPS BP Batam, Ady Soegiharto, dalam keterangan persnya, Rabu (23/6/2018).

Presentasi digelar di Jakarta, mengenai jenis pelayanan yang ada di PTSP BP Batam. Tidak semua Kota mendapatkan undangan istimewa tersebut. Untuk tingkat Kota/KEK/KPBPB dari 106 seluruh PTSP yang ada di Indonesia, yang diundang hanya yang terbaik. Dalam hal ini ada 10 Kota/KEK/KPBPB masuk kategori terbaik se-Indonesia.

Dari 10 yang masuk kategori terbaik saat ini, akan dipilih 5 yang paling terbaik se-Indonesia.

”Kita berharap apa yang sudah ada di PTSP BP Batam dan sudah berjalan dapat menjadi yang terbaik, khususnya bisa masuk lima besar terbaik. Sehingga akan semakin dikenal secara nasional agar dapat menarik investasi,” harapnya.

“Alhamdulilah dan terima kasih kepada pimpinan serta teman-teman BP Batam sekaligus DPM PTSP Kota Batam yang sama-sama menyatukan visi dan misi untuk melayani dan sebagai pelayan masyarakat dan investor melalui mal pelayanan publik,” ucap Ady. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed