by

Pulau Penyengat Tujuan Wisata Unggulan

(netrakepri.com) – Pulau Penyengat ditetapkan sebagai destinasi pariwisata unggulan karena menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara.  Kepala Dinas Pariwisata Tanjungpinang, Reni Yusneli di Museum, Selasa (24/10/2017) mengatakan Pulau Penyengat menyimpan sejarah kejayaan kerajaan Melayu sehingga menarik perhatian wisatawan.

“Pulau Penyengat merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Riau, Lingga, Pahang. Banyak situs bersejarah yang menandakan kejayaan kerajaan melayu kala itu,” ucapnya seperti dilansir antarakepri.com.

Peninggalan kerajaan Melayu yang masih utuh, menarik, dan digunakan yakni Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur. Bahkan wisatawan dapat melihat makam para raja.

“Ada pula makam Raja Ali Haji, pahlawan nasional dalam bidang bahasa. Ini menjadikan Pulau Penyengat sebagai aset dan cagar budaya nasional di Kota Tanjungpinang,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin mengatakan Pulau Penyengat mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Tanjungpinang dan Kepri.

“Kami mengupayakan agar pulau bersejarah ini terdaftar sebagai cagar budaya internasional,” katanya.

Ia mengemukakan setiap hari banyak wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Pulau Penyengat. Pulau ini tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata religi ungulan, melainkan berkembang menjadi wisata kuliner.

“Penyengat merupakan pulau yang lengkap sehingga menarik bagi wisatawan,” ucapnya.

Ia mengatakan Pemerintah Tanjungpinang bersama Pemerintah Kepri terus menghias Pulau Penyengat agar semakin menarik seperti pembenahan Balai Adat Melayu, membudayakan becak motor, fasilitas dasar lainnya.

“Konsep pengembangan pariwisata di Pulau Penyengat diupayakan melibatkan warga setempat,” katanya.(is/ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed