by

Pulau Subang Mas Dikembangkan Jadi Sentra Pertanian

Pulau Subang Mas akan dikembangkan menjadi sentra pertanian demi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Kota Batam, mengajak pihak swasta membantu mengembangkan pulau tersebut.

“Solusinya kerja sama dengan swasta untuk menjadikan Pulau Subang Mas sebagai sentra produksi pangan di Batam,” kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad.

Pulau Subang Mas merupakan satu dari sekitar 400 pulau penyangga di Kota Batam. Berdasarkan penelitian, pulau itu cocok untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.

Amsakar mengemukakan, Pemko Batam awalnya ingin mengembangkan pulau itu dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Namun, menurutnya, dibutuhkan investasi besar untuk pengembangan sentra pangan di pulau penyangga. Dan pemerintah kesulitan untuk memenuhinya.

“Pulau Subang Mas, sasaran ke depan sebagai lokasi pertanian, tapi memang butuh kerja panjang untuk menyerap lahan sebesar pulau itu,” kata dia seperti dilansir antarakepri.com, Rabu (27/2/2019).

Investasi yang dibutuhkan antara lain penyiapan lahan dan biaya relokasi petani yang ingin bercocok tanam ke sana.

Sementara itu, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepri terus mendorong pengembangan pertanian di Pulau Subang Mas itu demi menjamin ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat.

“TPID mendorong upaya penetapan Pulau Subang Mas sebagai lahan pertanian bahan pangan untuk mendukung peningkatan produksi pangan lokal,” kata Wakil Ketua TPID Kepri, Gusti Raizal Eka Putra.

Menurut Gusti, pengendalian inflasi fokus pada ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif antarpihak terkait.

Bila Pulau Subang Mas menjadi lokasi pengembangan pertanian dan sukses, maka akan menjawab persoalan ketersediaan pasokan, yang kemudian berimbas pada keterjangkauan harga, begitu pula kelancaran distribusi, karena lokasi pulau berdekatan dengan pulau utama Kota Batam. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed