by

Impelementing Unit LKNU Batam Ajak Masyarakat Stop TBC

Batam (netrakepri.com) – Dalam Impelementing Unit LKNU Batam mengadakan Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) di Puskesmas Sungai Langkai. Koordinator Implementing Unit Kota Batam, Supriyadi mengatakan, kegiatan itu dirancang untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa TBC sampai saat ini masih menjadi epidemi di dunia sehingga masyarakat harus lebih berhati-hati akan penularan TB serta membentengi diri dengan hidup sehat.

“Di Indonesia Tuberkulosis merupakan penyebab kematian nomor satu di antara penyakit menular lainnya. Sehingga dengan kegiatan ini kami mengajak untuk membentengi diri dari penularan penyakit TB dengan menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit TB,” kata Supriyadi kepada netrakepri.com.

Supriyadi juga mengimbau masyarakat agar lebih responsif jika terdapat warga di sekitarnya ada yang terpapar penyakit TB

“Jika di lingkungan bapak dan ibu terdapat terduga TB segera periksakan ke Puskesmas untuk segera dicek dahaknya. Jika positif, biaya pengobatan gratis” lanjut Supriyadi.

Dalam kesempatan yang sama, dr. Muhammad Solihin Wasor TB Dinkes Kota Batam yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Batam dalam sambutanya menyampaikan bahwa peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk menemukan dan mendampingi penderita TB

“Kerja kita adalah kerja pengabdian dengan keikhlasan, Ujung tombak upaya eliminasi TB ini kami berharap besar kepada ibu-ibu kader tangguh yang sangat gigih menemukan dan mendampingi para penderita TB” pesan Muhammad Solihin.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh ibu-ibu kader puskesmas dari Kecamatan Sagulung, warga masyarakat dan perwakilan mahasiswa di Kota Batam.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen untuk menghentikan penyakit TB mulai dari diri sendiri disertai dengan cap lima jari sebagai simbol dari TOSS TB yang menjadi jargon dari semangat pemberantasan penyakit TB. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed