by

RSD Galang Miliki Berbagai Fasilitas

Rumah Sakit Darurat (RSD) Penanganan Covid-19 di Pulau Galang, Batam, mulai beroperasi sejak Senin (6/4/2020). Operasional RSD Galang diresmikan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya Yudo Margono.

Kata Yudo, ratusan tenaga medis sudah disiagakan di rumah sakit khusus bagi pasien Covid tersebut.

Yudo mengatakan, sebanyak 241 orang tenaga kesehatan terdiri dari unsur gabungan TNI, Polri, Kemenkes, dan relawan.

RSD Pulau Galang terdiri dari gedung observasi bekas bangunan eks pengungsi Vietnam yang bisa menampung 240 bed (tempat tidur). Kemudian ada gedung observasi satu bisa menampung 50 bed. Ada pula gedung observasi dua 50 bed serta gedung-gedung lain sebagai pendukung yang bisa menampung 460 pasien apabila akan digunakan.

Yudo juga mengatakan pemerintah juga menyiapkan helipad untuk emergency. Selain itu, juga jauh dari permukiman. Dalam proses evakuasi emergency juga bisa dengan kapal laut, karena dekat dengan dermaga.

RS Darurat Pulau Galang ini, kata Yudo, sudah ditetapkan untuk pasien-pasien kategori ringan sampai dengan sedang. Juga dikhususkan untuk pasien-pasien dari luar negeri atau para migran.

“Namun apabila nanti yang diprioritaskan tidak ada, juga bisa digunakan untuk masyarakat khususnya dari rumah sakit-rumah sakit di sana yang tidak bisa menampung, sehingga bisa menggunakan rumah sakit darurat di Pulau Galang ini,” katanya pula.

Rumah Sakit Khusus pasien Covid-19 di pulau Galang dibangun oleh pemerintah untuk warga Indonesia terutama bagi pekerja migran yang banyak jumlahnya, tetapi apabila ada pasien rujukan dari Rumah Sakit daerah di Indonesia akan tetap diterima, termasuk masyarakat yang datang langsung.*

(sumber: cnnindonesia.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed