by

Sektor Ini yang Harus Diselamatkan Jika Terjadi Resesi

Pandemi covid-19 telah menimbulkan banyak anggapan bahwa badai resesi segera tiba. Padahal, resesi merupakan sebuah kenormalan baru sebab bukan hanya di Indonesia, banyak negara lain juga mengalami hal yang sama.

“Yang perlu kita siapkan itu menjaga sektor riil dan stabilitas sistem keuangan. Kalau kita menjaga sektor riil agar tidak colaps maka kita bisa menyelamatkan sektor keuangan,” kata Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah saat Webinar Perbanas Institute di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Baca juga :  Masyarakat Diminta Waspada Investasi Keuntungan Besar

Jika sektor keuangan bisa selamat maka ketika wabah covid-19 sudah berlalu ekonomi Indonesia akan siap untuk recovery.

“Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah melakukan tugasnya dengan baik yakni adanya program restrukrisasi kredit. Karena apa? Karena sangat riskan kalau bank dipaksa untuk menyalurkan kredit ditengah covid. Banyak moral hazzard-nya,” katanya.

Menurut Piter, menjaga sektor riil ini perlu upaya ekstra karena persoalan saat ini ada pada dunia usaha. “Makanya ini perlu ada sense of crisis dari pengambil kebijakan dengan melakukan terobosan,” katanya.

Baca juga :  bright PLN Batam Imbau Pelanggan Bayar Listrik Tepat Waktu

Disamping itu, yang Indonesia butuhkan saat ini adalah injeksi likuiditas yang luar biasa. “Lebih baik kita berlebihan likuiditas daripada kekurangan. Karena kalau kekurangan injeksi maka akan ada risiko disektor riil dan dapat merambat ke sektor keuangan sehingga menimbulkan potensi resesi. Lalu ada bank gagal yang merebak sangat cepat sehingga bahaya yang kita hadapi belipat-lipat,” jelas Piter.

Baca juga :  Bintan Siapkan SOP Protokol Kesehatan Sambut Wisatawan di Era New Normal

Jadi yang perlu dilakukan sekarang adalah menjaga dunia usaha agar selamat dan bertahan sehingga stabilitas sistem keuangan Indonesia akan terjaga.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed