by

Seperti Apa Cara Membuang Masker Bekas Pakai?

Guna menekan penyebaran covid-19 salah satunya adalah dengan tidak membuang masker bekas pakai sembarangan tempat.

Ketika dibuang sembarangan masker malah berpotensi jadi media penularan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara membuang masker bekas pakai.

Siti Nur Hayah Isfandiari dari Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta menjelaskan, masker bekas sekali pakai harus didesinfeksi sebelum dibuang dengan disinfektan atau klorin.

Baca juga :  Idul Adha 1442 H, BP Batam Berkurban 17 Ekor Sapi dan 35 Ekor Kambing

“Kemudian kita gunting dan ubah bentuk masker agar tidak bisa dipakai ulang,” kata Siti.

Menurutnya, masker bekas harus didesinfeksi ke dalam plastik, bungkus rapat dengan simpul mati. Pisahkan sampah masker dengan sampah rumah tangga. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah membuang masker.

Dia menambahkan, sampah yang dihasilkan oleh pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah juga harus dikelola secara baik. Jika dalam satu rumah ada orang yang tidak terinfeksi covid-19, pengelolaan sampah pasien isolasi mandiri harus dijalankan sesuai prosedur agar tidak menulari anggota keluarga lain yang sehat.

Baca juga :  Warga Yogyakarta Diajak Nikmati Batam Menari

“Pisahkan sampah dari orang yang sedang sakit dan sehat. Pilah-pilah. Kalau tidak dikelola dengan baik dan tidak disiplin, semuanya bisa tertular,” katanya. *

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed